22 Februari Nanti Wings Air Terbang Perdana ke Malinau

Mustaji memastikan, rencana penerbangan perdana ini akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

22 Februari Nanti Wings Air Terbang Perdana ke Malinau
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Pesawat ATR-72 Wings Air landing di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Gagal melaksanakan proving flight (Pembuktian penerbangan) di Malinau, Sabtu pekan lalu, Xpres Air langsung disalip oleh maskapai penerbangan lainnya yang menjadikan Malinau sebagai salah satu rute penerbangan. Wings Air dipastikan akan melakukan penerbangan perdana di Malinau, pada Kamis (22/2). Bahkan, kepastian rute penerbangan pun sudah ada.

Kepala Bandara Kol RA Bessing Malinau, Mustaji memastikan, rencana penerbangan perdana ini akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Isu adanya penerbangan Wings Air ini, telah beredar sejak oktober 2017 lalu. Saat ini, isu itu telah dipastikan akan menjadi kenyataan.

"Benar, Wings Air akan melakukan penerbangan perdana pada hari itu. Jadwal itu sudah pasti. Bahkan, saya sudah bertemu dengan Gubernur Kaltara untuk menyampaikan hal ini. Jadi, tidak akan gagal lagi. Ya kita tunggu saja bersama-sama penerbangan perdananya nanti. Semoga saja semua lancar," ujarnya saat dihubungi melalui telepon sulularnya, kemarin.

Ditanyakan soal proving flight Wings Air, Mustaji mengungkapkan, maskapai ini tidak akan melaksanakan kegiatan itu. Pada penerbangan nanti, pihak maskapai langsung melaksanakan penerbangan perdana dengan membawa penumpang. Untuk terbang dari mana, sampai saat ini pihak bandara Kol RA Bessing belum bisa memastikan.

"Berbeda dengan rencana Xpress Air beberapa waktu lalu, maskapai ini tidak melaksanakan proving flight. Mereka langsung melaksanakan penerbangan perdana. Untuk rutenya, penerbangan dilakukan dari Malinau pukul 09.35 dengan tujuan Jakarta-Bandung-Jogjakarta- Solo-Surabaya-Banjarmasin-Berau-Pontianak-Manado-Palu-Makassar. Semua penerbangan melalui Balikapapan," bebernya.

Sedangkan untuk rencana penerbangan perdana Xpress Air, Mustaji meyakini penerbangan perdana akan tetap dilaksanakan pertengahan Februari ini. Diperkirakan, penerbangan perdana di waktu yang tidak selisih terlampau jauh dengan penerbangan perdana Wings Air. Namun, Mustaji belum bisa memastikan waktunya.

Seperti diwartakan sebelumnya, ada dua maskapai akan melayani penerbangan dari Malinau, yakni Express Air dan Wings Air. Dua maskapai ini akan menurunkan jenis pesawat berbeda. Xpress Air akan menurunkan pesawat jenis ATR 42 seri 300. Sedangkan Wings Air akan menurunkan pesawat jenis ATR 72 seri 600.

Dua jenis pesawat ini memiliki kapasitas berbeda. Untuk Xpress Air, pesawat bisa menampung penumpang sebanyak 42 orang. Sedangkan pesawat milik Wings Air, bisa menampung lebih banyak penumpang, yakni sebanyak 72 penumpang. (*)

Tags
Jogjakarta
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help