RSBS Launching Home Care

Siapkan Bidan, Perawat dan Fisioterapi Dilaksanakan di Rumah Pasien

Rumah Sakit Bedah Surabaya (RSBS) menyediakan program home care, dimana pasien bisa meminta jasa perawat, bida, dan fisiterapi di rumah pasien.

Siapkan Bidan, Perawat dan Fisioterapi Dilaksanakan di Rumah Pasien
istimewa
Jasa pelayanan perawatan bayi di rumah keluarga. 

UNTUK memenuhI keinginan masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang lebih lengkap Rumah Sakit  Bedah Surabaya (RSBS) saat ini mengembangkan jasa pelayanan kesehatan di rumah atau Home Care (HC). Dengan pelayanan ini pasien bisa lebih merasa nyaman, karena  perawatan tidak dilakukan di rumah sakit, melainkan rumah sendiri.

“Rasa nyaman, hommy itu diharapkan  akan mempengaruhi psikologis pasien sehingga cepat sembuh,” kata Siti Asror R Amd. Kep, PIC keperawatan RS Bedah Surabaya. Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan HC tersebut RSBS mencanangkan program 1.000 bed.

“Makna dari 1.000 bed atau tempat tidur tersebut adalah 1.000 tempat tidur di rumah masing-masing pasien,” papar Siti Asror sambil menjelaskan saat ini tenaga HC yang disediakan oleh RSBS adalah jasa tenaga fisioterapi, perawat serta bidan.

Pasien tidak perlu harus datang ke rumah sakit, RSBS menyiapkan tenaga fisioterapi yang bisa melayani di rumah pasien.
Pasien tidak perlu harus datang ke rumah sakit, RSBS menyiapkan tenaga fisioterapi yang bisa melayani di rumah pasien. (ist)

Baca: Jangan Sepelekan Perawatan Gigi Masa Anak-anak, Bisa Masalah saat Dewasa Loh!

Baca: Jangan Karena Defisit, Perawat Kutim Jadi Terlalu Kreatif

Baca: Ini Pekerjaan Arsinah, Nenek dari Bocah Yatim Piatu yang Butuh Biaya untuk Perawatan di Rumah Sakit

Siti Asror yang sudah lama menekuni bidang keperawatan dan pengembangan HC menguraikan bahwa HC lebih banyak digunakan sebagai tindakan perawatan lanjutan setelah pasien keluar dari rumah sakit. Tidak hanya kenyamanan serta ringan dalam hal biaya, namun ada sakit-sakit tertentu yang tidak perlu berlama-lama di rumah sakit karena bisa dilakukan perawatan di rumah.

Salah satu contoh yang perlu pelayanan jasa seorang HC, misalnya pasien cedera tulang selesai operasi  tidak perlu berlama-lama tinggal di rumah sakit, jika hanya menunggu proses pemulihan maka bisa mendatangkan tenaga fisoterapi ke rumah. “Tenaga fisioterapi akan mengajari bagaimana melatih berjalan, relaksasi untuk mengembalikan fungsi bagian tubuh yang baru dioperasi,” tambah Siti Asror.

Contoh lainnya untuk pasien dari dokter bedah digestif yang baru saja dilakukan pembuatan anus buatan. Untuk mengajari bagaimana memasang pack penampung kotoran sekaligus menjaga kebersihan di sekitar anus, maka diperlukan perawat HC untuk mengajari pasien sekaligus keluarganya. “Semua tindakan itu tidak harus menginap di rumah sakit cukup dilakukan jasa seorang perawat untuk datang ke rumah.”

Demikian pula bagi ibu muda yang baru saja melahirkan juga bisa memanfaatkan jasa HC seorang bidan. Misalnya, untuk mengajari memandikan bayi, mengajari posisi menyusui yang benar, sampai merawat luka pusar dan sebagainya.  “Kalau semua ini dilakukan oleh jasa bidan Home Care kan lebih praktis, enak, juga nyaman,” imbuh Siti Asror.

Perawata bisa melakukan keperawatan kepada pasien di rumah sesuai keperluan.
Perawata bisa melakukan keperawatan kepada pasien di rumah sesuai keperluan. (istimewa)
Halaman
123
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help