Ke Toiletpun Pasangan Calon Walikota Tarakan Tetap Dikawal

Saat melakukan pengawalan, petugas dibekali senjata dan terlihat begitu sigap dalam mengawal masing-masing paslon.

Ke Toiletpun Pasangan Calon Walikota Tarakan Tetap Dikawal
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Paslon Umi Suhartini-Mahruddin Mado, saat masuk ke dalam gedung Graha Pemuda untuk pengambilan nomor urut tampak dikawal petugas pengamanan yang berjaga- jaga di belakang paslon ini, Selasa (13/2/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Empat pasangan calon (Paslon) walikota dan wakil walikota Tarakan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tarakan untuk mengikuti pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwali) telah mendapat pengawalan aparat pengamanan.

Para pengawal ini berasal dari anggota Polres Tarakan. Pantauan Tribun, tampak empat paslon yang hadir di dalam rapat pleno terbuka pengambilan dan pengumuman nomor urut calon walikota dan wakil walikota Tarakan, Selasa (13/2/2018) di Gedung Graha Pemuda, telah dikawal anggota polisi.

Para pengawal ini mengenakan baju preman dan bebas. Dengan adanya pengawalan ini, berarti kemanapun paslon pergi baik itu mengikuti kegiatan kampanye hingga berada di dalam rumah pun tetap dijaga.

Hal ini sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Saat melakukan pengawalan, petugas dibekali senjata dan terlihat begitu sigap dalam mengawal masing-masing paslon. Mereka ini berada di belakang para paslon saat berjalan, sesekali pula berada di samping.

Terkait pengawalan petugas kepada masing-masing paslon, Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit mengatakan, masing-masing paslon dikawal dua orang petugas pengamanan. Seperti calon walikota dua orang petugas pengamanan, begitu pula calon wakil walikota juga dua orang.

"Mereka yang menjadi pengawal paslon ini merupakan petugas khusus mengikuti serangkaian tes menjadi petugas pengamanan paslon. Mulai dari latihan menembak, bela diri hingga psikotes. Jadi mereka sudah sangat terlatih dan dibekali senjata," ucapnya.

Saat ditanya Tribun, apakah saat paslon pergi ke toilet tetap dijaga? "Yah kemanan pun tetap dikawal. Baik itu kampanye maupun di rumah. Mereka ini berjaga selama 24 jam bergantian. Nanti mereka berdua yang mengatur. Kalau ke toilet yah tetap dijaga. Tapi yah jaga di depan pintu toilet lah," ujarnya sambil tersenyum. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help