Borneo FC

Ini Cara yang Dilakukan Striker Borneo FC hingga Jago Berbahasa Indonesia

Baru menetap di Indonesia selama kurang lebih dua tahun, Marlon da Silva ternyata lancar berbicara bahasa Indonesia.

Ini Cara yang Dilakukan Striker Borneo FC hingga Jago Berbahasa Indonesia
TRIBUN KALTIM / CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTO
Marlon da Silva saat berlatih bersama Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (6/2/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Baru menetap di Indonesia selama kurang lebih dua tahun, Marlon da Silva ternyata lancar berbicara bahasa Indonesia. Penyerang Borneo FC tersebut mengungkapkan rahasianya.

Lancarnya Marlon berbahasa Indonesia diketahui saat BolaSport.com berbincang dengan penyerang asal Brasil tersebut di acara peluncuran seragam terbaru Borneo FC di Fisik Football, Jakarta, Senin (12/2).

Dalam kesempatan itu, Marlon mengaku belajar berbahasa Indonesia kepada Zikri Akbar yang merupakan rekan setimnya saat memperkuat Mitra Kukar pada 2016.

Tim berjulukan Naga Mekes tersebut merupakan klub pertama Tanah Air bagi pemain kelahiran 5 Februari 1990 tersebut. "Waktu itu, saya dikasih kertas oleh Zikri. Dia tulis kata-kata Indonesia soal latihan, jalan, dan ucapan-ucapan seperti selamat pagi," kata Marlon.

Marlon mengaku, mempelajari berbahasa Indonesia setiap hari. Dia merasa penting untuk mempelajari bahasa Indonesia. "Kalau tidak belajar, saya bisa mati nanti. Jadi setiap orang bicara, saya mempelajarinya," tutur pemain yang pernah memperkuat Persiba Balikpapan itu.

Kerja keras Marlon tidak sia-sia. Belajar sekitar 5 bulan, Marlon sudah lancar berbahasa Indonesia. "Bahasa Indonesia mudah dipelajari," jelas Marlon.

Piala Presiden bukan sekadar turnamen pemanasan jelang kompetisi bergulir. Lebih dari itu, turnamen tahunan yang digagas Presiden Joko Widodo ini adalah hadiah luar biasa bagi rakyat Indonesia.

Dengan lancar berbahasa Indonesia, Marlon berharap bisa memperkuat tim nasional Indonesia pada suatu saat nanti. "Secara pribadi, saya dan keluarga senang sekali bekerja di Indonesia. Ini negara sedikit sama dengan Brasil," tutur Marlon.

"Kalau saya bisa dapat paspor Indonesia, saya senang juga. Soalnya, semua orang Indonesia bisa bantu saya," ujarnya menambahkan.

Namun, Marlon ingin lebih dulu menyelesaikan misinya dengan Borneo FC. "Saya ingin membawa tim ini juara," akunya.(*)

Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help