TribunKaltim/

Amankan Perayaan Imlek Polresta Turunkan Ratusan Anggota

Selain personel Polres dan Polsek jajaran, nantinya juga akan ditambah oleh Detasemen B Pelopor Brimob Polda Kaltim.

Amankan Perayaan Imlek Polresta Turunkan Ratusan Anggota
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
PENYISIRAN PENGAMANAN-Personel Gegana Detasemen B Pelopor Brimobda Kaltim melakukan penyirisan pengamanan sejumlah kelenteng, diantaranya Kelenteng Thian Ie Kiong jalan Yos Sudarso Samarinda, jelang ibadah pergantian tahun baru Imlek, Kamis (15/2). 

SAMARINDA, TRIBUN - Pasca penyerangan yang terjadi di gereja Santa Lidwina, Sleman, pada Minggu (11/2) silam, jajaran kepolisian dari Polresta Samarinda melakukan penebalan personel di Polsek jajaran.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Vendra Riviyanto, dia menjelaskan sebelum kejadian tersebut, pihaknya telah lebih dulu melakukan penebalan, dengan menambah personel di Polsek, guna melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah.

"Sebelum kejadian itu (penyerangan di gereja), penebalan sudah kami lakukan, kalau gereja besar Sat Sabhara yang melakukan pengamanan, yang kecil dari Polsek terdekat," ungkapnya, Kamis (15/2).

Selain itu, pihaknya juga tengah konsentrasi pada perayaan Imlek, pada 16 Februari. Nantinya, tempat ibadah umat Tionghoa itu, akan dijaga oleh kepolisian saat dilakukan perayaan ibadah. Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan personel untuk melakukan sterilisasi di sejumlah klenteng.

"Prioritas Imlek. Sterilisasi juga kita lakukan. Tapi, semua kita lakukan pengamanan, termasuk gereja dan tempat ibadah lain," tuturnya.

Kendati pihaknya juga disibukan dengan pengamanan Pilkada serentak 2018, namun pihaknya tidak mengesampingkan untuk melakukan pengamanan di masyarakat.

"Insyallah kita bisa atur, pengamanan Pilkada tidak menganggu pengamanan lainnya, terutama ke masyarakat, terlebih kita kan di back up Polda Kaltim," katanya.

Kepolisian dari Polresta Samarinda mengerahkan sekitar 350 personel, yang akan disebar di tiga titik perayaan Imlek, diantaranya di jalan Yos Sudarso, jalan Urip Sumuharjo dan jalan DI Panjaitan.

"Perseonel yang akan melaksanakan perayaan Imlek sudah disiapkan, lengkap dengan kelengkapan yang ada," ucap Kasubbag Humas Polresta Samarinda, Ipda Danovan, Kamis (15/2).

Lanjut dia menjelaskan, selain personel Polres dan Polsek jajaran, nantinya juga akan ditambah oleh Detasemen B Pelopor Brimob Polda Kaltim. "Gabungan bersama Brimob, termasuk sterilisasi jelang perayaan Imlek," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help