Bukan Hanya Pilkada Serentak Kelurahan Ini Juga Menggelar Pemilihan RT Serentak

pelaksanaan pemilihan RT ini sesuai dengan amanah Peraturan Daerah (Perda) 5 th 2012 yang merupakan perubahan Perda 11 th 2009

Bukan Hanya Pilkada Serentak Kelurahan Ini Juga Menggelar Pemilihan RT Serentak
Priyombodo
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Jika sejumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia sedang sibuk mengelar Pilkada serentak 2018, maka Kelurahan Tanah Grogot sepertinya juga tidak mau kalah. Rencananya, Sabtu (24/2) warga di 52 RT di Kelurahan Tanah Grogot akan menggelar Pemilihan RT serentak.

Rencana penyelenggaraan Pemilihan RT serentak ini disampaikan Lurah Tanah Grogot M Yatiman, Rabu (14/2). “Malam ini, kami menggelar sosialisasi sekaligus persiapan Pemilihan Ketua RT serentak se-Kelurahan Tanah Grogot kepada seluruh Panitia Pemilihan Ketua RT. Insya Allah, Pemilihan RT diselenggarakan Sabtu mendatang kata Yatiman.

Sosialisasi dan persiapan bertempat di Gedung Perempuan Berjaya Tanah Grogot,

pelaksanaan pemilihan RT ini sesuai dengan amanah Peraturan Daerah (Perda) 5 th 2012 yang merupakan perubahan Perda 11 th 2009 tentang RT, dimana pasal 22 ayat 1 jelas mengatur masa bakti Ketua RT pada Kelurahan selama 3 tahun dan dapat dipilih kembali di periode berikutnya.

Mengacu tahun terbentuknya Perda, masa bakti Ketua RT berakhir tahun 2015. Itu apabila di tahun 2012 dilakukan Pemilihan RT serentak. Hanya saja, Yatiman mengatakan Pemilihan RT serentak baru digelar tahun ini, sehingga Pemilihan Ketua RT sebelumnya digelar sendiri-sendiri oleh setiap RT.

Yatiman bahkan mengaku tidak paham bagaimana mekanisme pemilihan Ketua RT sebelumnya, apakah demokratis atau tidak Yang jelas, pada tahun 2015, Faridah selaku Lurah Tanah Grogot berinisiati membuat Surat Keputusan (SK) Ketua RT, sebagai dasar penyaluran tunjangan Ketua RT yang diatur oleh Perda.

“SK tersebut tertanggal 1 Maret 2015. SK terakhir, sebelum dan sesudahnya tidak ada, jadi SK-nya (masa bakti semua RT) disamakan 2015. Untuk menerbitkan SK per 1 Maret 2018 inilah kita memfasilitasi Pemilihan RT serentak,” ucapnya. (aas)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help