Lebih Seribu Linmas Pemkab 'Diserahkan' Pada Polres Berau, Ada Apa?

Karena itu, sebagai kepala daerah, kata Muharram, pihaknya menyerahkan Linmas berada di bawah kendali Polres Berau.

Lebih Seribu Linmas Pemkab 'Diserahkan' Pada Polres Berau, Ada Apa?
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Bupati Berau, Muharram menyerahkan 1.642 personel Linmas kepada Polres Berau, untuk menjaga keamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018. 

TRIBUNKALTIM.CO – Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Kaltim, tinggal beberapa bulan lagi. Namun untuk memastikan Pilgub berjalan lancar, aparat keamanan mulai melakukan berbagai persiapan, selain jajaran Polres Berau yang telah menggelar simulasi pengamanan, Pemkab Berau, Kamis (22/2/2018) menyerahkan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sebanyak 1.642 anggota Linmas berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Berau, untuk membantu parat keamanan dari Polres dan TNI, mengamankan Pilgub 2018.

“Linmas sebagai salah satu komponen pemerintah daerah, yang diamanatkan untuk membantu pengamanan pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” kata Muharram.

Baca: Videonya Jadi Viral, Netizen Justru Temukan Hal Janggal di Kekayaan Pak Dendy

Karena itu, sebagai kepala daerah, kata Muharram, pihaknya menyerahkan Linmas berada di bawah kendali Polres Berau.

“Selama BKO, Linmas wajib mematuhi arahan dan perintah Polres Berau,” tegasnya.

Setelah penyerahan 1.642 personel ke Polres, anggota Linmas ini akan mendapat pembekalan dan pengetahun tentang cara-cara pengamanan Pilgub. Nantinya, anggota Linmas akan ditempat di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 13 Kecamatan.

Baca: Jadi Sorotan Publik, Bu Dendy dan Nylla Nylala Tandatangani Surat Pernyataan, Berdamai?

Dalam kesempatan ini, Muharram juga meminta agar masyarakat ikut serta mengamankan jalannya Pilgub, serta berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Peningkatan peran serta masyarakat, termasuk pemilihan gubernur merupakan wahana bagi masyarakat dalam berdemokrasi,” jelasnya.

 Sebelumnya, Polres Berau juga telah menggelar simulasi pengamanan pilgub 2018 awal bulan Februari kemarin. Simulasi untuk ini untuk meningkatkan kemampuan personel sesuai standar pengendalian masyarakat.

Masyarakat diminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban, pasalnya, meski berbeda pilihan, berbeda dukungan, namun kondusifitas tetap harus terjaga. “Termasuk kepada peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta tim suksesnya, juga harus menjaga ketertiban,” tegasnya.

Baca: Adik Sekaligus Pengacara Ahok Bawa 12 Bukti Perselingkuhan Veronica Tan dan Julianto, Apa Saja?

Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pilgub Kaltim di Berau, bukan hanya dilihat dari tingginya partisipasi pemilih. Tapi kelancaran dan keamanan saat pelaksanaan juga menjadi indikator suksesnya penyelenggaraan pilkada di daerah.

“Latihan ini juga sebagai pedoman bagi anggota dalam pelaksanaan tugas pengamanan di lapangan, termasuk saat pengamanan TPS, sehingga tidak terjadi kesalahan penanganan. Personel Linmas ini juga nantinya akan emndapat pelatihan,” ujarnya

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved