Soal Tiga Orang Asing di Maratua, Imigrasi Tunggu Konfirmasi Konjen Filipina

Saat ini, Imigrasi tengah melakukan koordinasi dengan Konsulat jenderal (Konjen) Filipina di Manado.

Soal Tiga Orang Asing di Maratua, Imigrasi Tunggu Konfirmasi Konjen Filipina
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Aparat kepolisian menyerahkan tiga orang asing yang mengaku sebagai warga Filipina, mereka juga mengaku terdampar karena mengalami kerusakan mesin kapal. 

Laporan wartawan Tribun Kalltim, Geafry Necolsen

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Setelah mengamankan tiga orang asing dari Pulau Maratua, jajaran Polres Berau menyerahkan ketiganya ke Kantor Imigrasi Klas III Tanjung Redeb.

Saat ini, Imigrasi tengah melakukan koordinasi dengan Konsulat jenderal (Konjen) Filipina di Manado.

Kepala Imigrasi Tanjung Redeb, Muhammad Kacung mengatakan, pihaknya tengah mencocoKkan data diri ketiga orang asing dengan Konjen Filipina di Manado, Sulawesi Utara.

“Begitu dapat pelimpahan langsung menghubungi konsulat jenderal Filipina yang ada di Manado, juga melakukan pemeriksaan terhadap ketiga orang ini,” jelasnya, Senin (26/2/2018).

Ketiga WNA tersebut diketahui masing-masing bernama Bilibilalan (51), Saleh (43), Arbin (21) saat ini berada di Kantor Imigrasi Klas III Tanjung Redeb untuk menjalani pemeriksaan keimigrasian, mengingat saat pertama kali diamankan di Pulau Maratua, mengaku berasal dari Filipina.

Baca: Posisi Herwan Sebagai Ketua Fraksi di DPRD Kaltim Diganti

Imigrasi jelas Muhammad, memeriksa data diri sesuai pengakuan ketiganya untuk kemudian data tersebut disampaikan ke Konjen Filipina untuk dicocoKkan.

Setelah mendapat konfirmasi terkait data diri dan dinyatakan benar warga Filipina, Imigrasi baru dapat menentukan langkah selanjutnya.

“Kalau sudah jelas baru bisa kita proses untuk deportasi ke negara asal,” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved