Penanganan Wasir di RSBS

HAL RAR: Teknik Operasi Wasir tidak Sakit Tanpa Pisau dan Pemotongan

Penderita wasir semakin mudah mendapatkan kesembuhan dengan berbagai perangkat teknologi baru, termasuk Hal Rar operasi wasir tanpa pisau. Apa itu?

HAL RAR: Teknik Operasi Wasir tidak Sakit Tanpa Pisau dan Pemotongan
Rumah Sakit Bedah Surabaya
Dokter Sahar Bawazeer Sp.B (K) sedang melakukan konsultasi dengan seorang pasien terkait penyakit wasir atau hemoroid di RS Bedah Surabaya. 

DEWASA ini ilmu kedokteran semakin canggih dan teknologi kesehatan semakin maju, sehingga bisa membantu meringankan penderitaan dan penyembuhan bagi orang yang mengalami sakit. Termasuk kepada pasien penderita penyakit wasir, ambeien atau hemoroid.

Wasir diakibatkan terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di dinding rektum atau di dalam anus. Gejala wasir, biasanya ditandai munculnya gatal-gatal di sekitar anus, pembengkakan, rasa nyeri dan kemerahan di sekitar anus, dan terdapat lendir setelah buang air besar.

Pada penderita wasir yang cukup parah biasannya benjolan itu sampai keluar anus dan benjolan itu harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar. Bahkan kadang sampai ada yang mengalami pendarahan setelah buang air besar.

Dokter Sahar Bawazeer, Sp.B (k), ahli bedah di Rumah Sakit Bedah Surabaya (RSBS) yang hali memangani persoalan wasir.
Dokter Sahar Bawazeer, Sp.B (k), ahli bedah di Rumah Sakit Bedah Surabaya (RSBS) yang ahli memangani persoalan wasir. (Rumah sakit Bedah Surabaya)

Baca: Peneliti Ungkap Wanita Bertubuh Sintal Ternyata Lebih Sehat, Cowok Juga Demen Loh

Baca: Dipakai Banyak Orang, Ternyata Instagram Media Sosial Paling Buruk bagi Kesehatan Mental

Baca: Terungkap, Rajin Berciuman Ternyata Bikin Tubuh Langsing dan Menjaga Kesehatan Jantung. Mau Coba?

“Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, selain kesakitan, penderita bisa mengalami anemia atau kurang darah,” kata dr Sahar Bawazeer, Sp.B (K) dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Bedah Surabaya (RSBS) memberi penjelasan.

Tapi bagi penderita wasir tidak perlu khawatir karena sekarang di RSBS telah menyiapkan pelayanan one day service, yaitu operasi wasir menggunakan teknologi atau metode operasi HAL RAR singkatan dari Haemorrhoidal Artery Ligation Recto Anal Repair.

Metode operasi ini efektif dan sangat minim resiko, karena dengan teknik ini tidak ada pemotongan atau sayatan kecuali hanya ikatan dan jahitan saja, tidak seperti pada teknik operasi wasir lainnya. “Dengan metode ini, pasien akan mendapatkan banyak keuntungan.

Pertama, karena tidak ada sayatan maka paska operasi pasien lebih nyaman dan tidak mengalami sakit berlebihan,” kata dr. Sahar.  Kedua, pembiusan lebih sering dilakukan secara regional tidak perlu dan operasi itu sendiri hanya membutuhkan waktu paling lama dua jam.

Halaman
123
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help