Usai Pelantikan Pengurus LAT Malinau, Edy Marwan Lantunkan Lagu Daerah Tidung

Seketika, suasana ramai di sisi luar lokasi pelantikan langsung hening mendengar lantunan lagu yang sudah sangat jarang dinyanyikan

Usai Pelantikan Pengurus LAT Malinau, Edy Marwan Lantunkan Lagu Daerah Tidung
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Ilustrasi: Tarian Suku Adat Tidung, 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Rasa haru meliputi sebagian masyarakat adat Tidung di Kabupaten Malinau yang berkumpul di Taman Jajok, Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Selasa (27/2). Usai dilantik sebagai Ketua Lembaga Adat Tidung (LAT) Malinau, H Edy Marwan lalu menyanyikan lagu daerah Tidung.

Seketika, suasana ramai di sisi luar lokasi pelantikan langsung hening mendengar lantunan lagu yang sudah sangat jarang dinyanyikan. Hanya orang-orang tua saja, yang paham dan tahu budaya ini. Lantunan lagu langka ini, menandakan kembalinya budaya lama adat Tidung yang mulai terlupakan.

Biasanya, lagu ini dilantunkan orang tua suku Tidung saat menidurkan anak juga saat berladang. Syair dari lagu ini, selain untuk menghibur diri juga mengajak orang-orang di sekitarnya untuk berbuat baik. Bukan hanya itu, lagu ini juga banyak berisi pesan-pesan moral untuk masyarakat Tidung dan berisi puji-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Memanfaatkan momentum pelantikan ini, H Edy mengharapkan, kepada seluruh masyarakat adat Tidung di Malinau untuk bersatu padu dalam mengawal pembangunan. Persoalan dalam proses pemilihan beberapa waktu lalu, harus dileburkan dalam bingkai kebersamaan. Sebab, LAT bukan hanya milik kelompok tapi, seluruh masyarakat adat Tidung.

"Saya tidak pernah mencalonkan diri sendiri untuk menjadi ketua. Namun, saya diusung oleh masyarakat. Harapan masyarakat sudah jelas, dengan terpilihnya saya sebagai ketua maka saya akan berusaha mengangkat harkat dan martabat Tidung. Dan saya pribadi, tidak akan ada di sini tanpa dukungan masyarakat. Jadi, saya minta semua warga dapat berkontribusi dalam LAT," paparnya.

Bupati Malinau, Yansen TP yang hadir melantik kurang lebih 140 pengurus LAT dalam sambutannya mengungkapkan, pelantikan ini mencerminkan keanekaragaman Malinau dan sangat bersyukur dengan adanya ini.

"Apabila semua berjalan bersamaan satu dengan lainnya maka saya yakin Malinau akan maju dan sejahtera. Itu juga akan memperlihatkan indahnya Malinau. Oleh karenanya, saya minta jaga persatuan dan kesatuan kita. Saya yakin dan percaya, LAT akan berjalan sangat baik dan memajukan masyarakat Tidung," paparnya.

"Saya meminta, marilah kita tulus dan ikhlas atas perbedaan antara kita. Perbedaan suku dan perbedaan agama merupakan warna dari Malinau yang sangat indah, seperti pelangi. Kembalikan perbedaan itu dalam satu bingkai bhineka tunggal ika. Tidak ada yang besar, tidak ada yang sedang, tidak ada yang kecil. Semua sama," lanjutnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help