Pemerintah Tiongkok Tertarik Bangun Jembatan Bulungan-Tarakan

pemerintah (pusat) yang akan mencari sumber pembiayaan dari kerjasama ekonomi yang dijalin dengan negara lain

Pemerintah Tiongkok Tertarik Bangun Jembatan Bulungan-Tarakan
Tribun Kaltim/M Arfan
Kapal ferry akan bersandar di pelabuhan rakyat Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan setelah berlayar dari Tarakan beberapa waktu lalu 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Rencana proyek Jembatan Bulungan-Tarakan (Bulan) kemungkinan akan dibiayai dengan skema sub loan.

Dengan skema ini, pemerintah (pusat) yang akan mencari sumber pembiayaan dari kerjasama ekonomi yang dijalin dengan negara lain.

Baca: Rahmad Masud Ingatkan PNS Hati-hati Saat Pilkada

Kemungkinan terbesarnya adalah Cina. Ini dibuktikan atas kunjungan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian ke Kalimantan Utara, Kamis (3/1/3/2018) pekan lalu.

Sebagaimana diketahui, Indonesia masuk dalam lingkup forum One Belt One Road-Belt and Road Initiative (OBOR-BRI), sebuah kebijakan ekonomi dan diplomasi yang digulirkan Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

"Jembatan Bulan kita usulkan ke pusat, keputusannya tergantung pusat. Karena pinjaman itu bukan daerah, tetapi pusat yang melakukan," kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie kepada Tribun, Kamis (5/3/2018).

Baca: Diterpa Isu Mematok Harga Mayat, Ini Penjelasan Tegas Basarnas

Permintaan pinjaman dana pembiayaan proyek Jembatan Bulan tentu memerlukan persetujuan Tionkok di bawah pimpinan Xi Jinping. Karena itu, hasil kunjungan Duta Besar Tiongkok, Xiao Qian ke kawasan teluk Tarakan akan dilaporkannya kepada pemerintahnya di Tiongkok.

"Dari kunjungan duta besar itu, mereka akan melihat apakah layak diberi sub loan atau tidak. Namun melihat antusiasnya, cukup serius," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved