Tak Umumkan Nama Calon KI dari Gubernur, DPRD Kaltara Langgar Aturan

Padahal, kata dia, DPRD Kalimantan Utara juga telah berkonsultasi kepada Komisi Informasi Pusat pada 28 Februari 2018.

Tak Umumkan Nama Calon KI dari Gubernur, DPRD Kaltara Langgar Aturan
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Irianto Lambrie 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - DPRD Kalimantan Utara dipastikan telah melanggar Peraturan Komisi Informasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi.

Pasalnya, DPRD Kalimantan Utara hingga kini belum mengumumkan 10 nama calon anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara yang dikirimkan Gubernur Kalimantan Utara pada 18 Desember 2017.

Desiana Samosir dari Koalisi Freedom of Information Network Indonesia (FOINI) mengatakan, seharusnya paling lambat tiga hari setelah menerima nama-nama calon anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kalimantan Utara yang diajukan oleh Gubernur Kalimantan Utara, DPRD Kalimantan Utara mengumumkan nama-nama tersebut pada dua surat kabar harian untuk dua kali terbit dan dua media massa elektronik selama tiga hari berturut-turut untuk mendapatkan masukan dan penilaIan dari setiap orang.

Baca: Dukung Kutai Pesisir Pisah dari Kukar, Muara Jawa Cocok Jadi Ibu Kota

“Kenapa sejak dikirimkan Gubernur Kalimantan Utara, tanggal 18 Desember 2017 nama yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan belum diumumkan DPRD?” ujarnya,  Rabu (7/3/2018) kepada TRIBUNKALTIM.CO.

Padahal, kata dia, DPRD Kalimantan Utara juga telah berkonsultasi kepada Komisi Informasi Pusat pada 28 Februari 2018.

“Tetapi sejak konsultasi itu belum juga diumumkan hingga kini,” katanya.

Dia mengatakan, DPRD memiliki kewajiban mengumumkan nama-nama calon anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara yang diajukan oleh Gubernur Kalimantan Utara, sesuai Pasal 19 ayat 3 Peraturan Komisi Informasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi.

“Kemudian ada kewajiban untuk melibatkan dan menerima masukan masyarakat atas nama-nama calon itu,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help