Dishub Berharap Frekuensi Penerbangan Rute Perintis di Kaltara Bisa Ditambah

Jadwal penerbangan rute perintis yang dilayani dengan menggunakan jenis pesawat caravan C 208 B ini berbeda-beda.

Dishub Berharap Frekuensi Penerbangan Rute Perintis di Kaltara Bisa Ditambah
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Kepala Dishub Kota Tarakan Hamid Amren melakukan penguntingan pita sebagai tanda penerbangan perdana rute perintis Tarakan-Long Bawan, Senin (12/3/2018) di Bandara Juwata Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Penerbangan perdana rute perintis Tarakan-Long Bawan yang mendapatkan subsidi tiket dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan dilayani maskapai penerbangan Susi Air, Senin (12/3/2018) di Bandara Juwata Tarakan mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan Hamid Amren.

Hamid yang hadir dalam penerbangan perdana rute perintis ini mengatakan, subsidi tiket yang diberikan pemerintah pusat sangat menguntungkan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, ia berharap rute perintis di Kaltara yang penerbangannya hanya dilayani Susi Air seminggu sekali dapat ditambah menjadi seminggu dua kali.

“Kalau penerbangannya seminggu sekali dan tiap Kamis misalnya,  berarti kita pulang Kamis depan lagi. Tentunya ini kelamaan sekali waktunya. Padahal kalau kita berangkat itu maksimal tiga sampai empat hari. Belum lagi kalau nanti ada keluarga yang sakit kita harus pulang lebih cepat,” ucapnya.

Melihat kondisi inilah, Hamid berharap Pemprov Kaltara juga dapat bisa membantu memberikan subsidi penerbangan rute perintis yang jadwalnya seminggu sekali menjadi seminggu dua kali.

Tujuannya agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu penerbangan selanjutnya.

 
 

“Kalau frekuensi penerbangannya seminggu dua kali lebih menguntungkan bagi masyarakatdi luar daerah. Misalnya yang penerbangannya seminggu sekali hanya Kamis, kalau ditambah dua kali seminggu bisa saja jadwalnya Senin dan Kamis, ini menguntungkan semuanya,” katanya.

Seperti diketahui, untuk rute perintis di Kaltara, Susi Air melayani 10 ruter perintis, yakni Tarakan-Long Bawan, Long Bawan-Tarakan, Long Bawan-Malinau, Long Bawan-Nunukan, Long Apung-Malinau, Malinau-Long Apung, Long Apung-Tanjung Selor, Tanjung Selor-Long Apung, Malinau-Long Layu, dan Binuang-Malinau.

Jadwal penerbangan rute perintis yang dilayani dengan menggunakan jenis pesawat caravan C 208 B ini berbeda-beda.

Di antaranya, rute Tarakan Long Bawan (PP) seminggu 4 kali. Yakni, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Rute Long Bawan-Nunukan (PP) seminggu 2 kali yakni Senin dan Jumat. Rute Tarakan-Maratua  (PP) seminggu sekali, yakni Kamis. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help