Saat Menganggur Sempat Belajar Kaligrafi, Ini Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Sebelum Dirikan Apple

Pada 1973, Ia baru saja dikeluarkan dari Reed College dan butuh pemasukan untuk memenuhi kebutuhan

Saat Menganggur Sempat Belajar Kaligrafi, Ini Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Sebelum Dirikan Apple
RR Auction/Getty
Aplikasi lamaran kerja Steve Jobs dilelang Rp 6,8 miliar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Aplikasi lamaran kerja yang diajukan pendiri Apple, Steve Jobs, ketika berusia 18 tahun kini dilelang. Harga awalnya 50.000 dollar AS atau setara Rp 6,8 miliar di situs RRAuction.com.

Lantas, bagaimana ceritanya Steve Jobs melamar kerja? Pada 1973, tokoh legendaris Apple tersebut menganggur. Ia baru saja dikeluarkan dari Reed College dan butuh pemasukan untuk memenuhi kebutuhan.

Pada aplikasinya, Steve Jobs menuliskan keterampilannya di bidang komputer dan kalkulator. Ia juga menjabarkan kemampuannya pada sektor teknologi elektronik atau design enginer.

Ia sudah memiliki izin mengendara kala itu. Ketika ditanya akses untuk transportasi, Steve Jobs menjawab “mungkin tapi tak memungkinkan”.

Sang penemu iPhone pada masa itu bahkan belum memiliki ponsel.

Tiga tahun setelah mengisi aplikasi tersebut, Steve Jobs mendirikan Apple bersama Steve Wozniak. Produk pertamanya adalah komputer “Apple 1” yang mendulang sukses besar.

Apple pun memproduksi lini penerusnya hingga meluncurkan “Macintosh”. Lama-kelamaan, Apple berekspansi ke teknologi mobile dan merilis seri iPhone yang mengubah industri smartphone hingga sekarang.

Sebelum mendirikan Apple, Steve Jobs juga sempat berkelana ke India. Masa-masa yang ia habiskan ketika menganggur, yakni belajar kaligrafi dan literasi, banyak berpengaruh terhadap idenya berinovasi ketika membuat Apple.

[Fatimah Kartini Bohang, Kompas.com]

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help