Seminggu Ini, Rute Tarakan-Long Bawan Full Seat

“Sebenarnya harga subsidi ini untuk angkut saudara-saudara kita di perbatasan yang merupakan masyarakat setempat,” katanya.

Seminggu Ini, Rute Tarakan-Long Bawan Full Seat
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Distrik Manager Susi Air Tarakan, Daniel Dwi Ananta (kiri) bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan Hamid Amren di acara perdana penerbangan rute perintis Tarakan-Long Bawan, Senin (12/3/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Adanya rute perintis di Kaltara  yang dilayani Susi Air, dengan harga tiket yang disubsidi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tentunya disambut baik masyarakat pedalaman di Kaltara. Hal ini terbukti dengan full seat-nya rute perintis Tarakan-Long Bawan.

Distrik Manager Susi Air Tarakan, Daniel Dwi Ananta, mengungkapkan, untuk penerbangan rute perintis Tarakan-Long Bawan (PP) yang dilayani seminggu 4 kali telah full seat.

Oleh karena itu, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke rute perintis ini diharus terlebih dahulu untuk booking.

“Animo masyarakat dengan rute perintis Tarakan-Long Bawan sangat banyak. Untuk penerbangan tanggal 12 hingga 19 Maret semuanya sudah full seat. Mereka yang berangkat tanggal ini, merupakan masyarakat setempat,” ucapnya, Senin (12/3/2018), di penerbangan perdana rute perintis Tarakan-Long Bawan di Bandara Juwata Tarakan.

Menurut Daniel, untuk penerbangan rute perintis ini pihaknya lebih memprioritaskan masyarakat setempat yang berada di daerah perbatasan di Kaltara.

“Sebenarnya harga subsidi ini untuk angkut saudara-saudara kita di perbatasan yang merupakan masyarakat setempat,” katanya.

Daniel mengatakan, pada penerbangan rute perintis ini, maskapai penerbangan Susi Air hanya menggunakan tiga pesawat jenis Caravan C 208 B dengan kapasitas 12 seat.

Baca juga:

 
 

Khusus pesawat jenis Pilatus melayani rute Binuang-Malinau dengan kapasitas 7 seat.

Untuk rute perintis di Kaltara, Susi Air melayani 10 ruter perintis, yakni, Tarakan-Long Bawan, Long Bawan-Tarakan, Long Bawan-Malinau, Long Bawan-Nunukan, Long Apung-Malinau, Malinau-Long Apung, Long Apung-Tanjung Selor, Tanjung Selor-Long Apung, Malinau-Long Layu, dan Binuang-Malinau.

Jadwal penerbangan rute perintis yang dilayani dengan menggunakan jenis pesawat caravan C 208 B ini berbeda-beda.

Diantaranya, rute Tarakan Long Bawan (PP) seminggu 4 kali. Yakni, Senin, Selasa, Rabuu dan Kamis. Rute Long Bawan-Nunukan (PP),seminggu 2 kali yakni Senin dan Jumat. Rute Tarakan-Maratua  (PP) seminggu sekali, yakni Kamis.

Saat ditanya apakah Susi Air dapat melayani rute Tarakan-Maratua seminggu dua kali dengan harga komersial, secara tegas Daniel mengatakan, bahwa pihaknya tidak bisa melayani secara komersial, karena rute ini harganya telah disubsidi pemerintah.

“Kami tidak menjual harga tiket komersial di rute perintis ini, karena harga di rute perintis ini sudah ditetapkan pemerintah,” katanya. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help