Info CPNS 2018 - Kabar Buruk 134 Pemda Tak Bisa Ajukan Tambahan Formasi Karena Alasan Ini

Sebanyak 134 pemerintah deerah memiliki belanja pegawai di atas 50 persen pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) mereka.

Info CPNS 2018 - Kabar Buruk 134 Pemda Tak Bisa Ajukan Tambahan Formasi Karena Alasan Ini
TRIBUN LAMPUNG
Ilustrasi penerimaan CPNS pada tahun 2018. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebanyak 134 pemerintah deerah memiliki belanja pegawai di atas 50 persen pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) mereka.

Akibatnya sejumlah pemerintah daerah terancam tak dapat mengajukan tambahan formasi CPNS Tahun 2018.

Melansir laman menpan.go.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan, saat ini tengah melakukan telaah terhadap usulan tambahan formasi CPNS dari seluruh instansi pemerintah, baik pusat, provinsi, kabupaten/ kota. 

Hal itu dilakukan untuk melihat dan memastikan kesesuaian dengan program prioritas pemerintah.

Menurut Menteri, Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus berdasarkan kebutuhan serta potensi yang dimiliki suatu daerah. 

Baca: Menteri PAN-RB Umumkan Pendaftaran CPNS Baru Akan Dibuka Usai Pilkada

“Jadi misal potensi yang dimiliki Sulawesi dalam hal perikanan dan kelautan, maka yang diajukan harus berkualifikasi perikanan dan kelautan juga. Selain itu harus sejalan dengan arah pembangunan nasional,” ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Dikatakan juga bahwa saat ini pemerintah menerapkan prinsip minus growth, sehingga jumlah CPNS yang akan direkrut tidak akan lebih dari yang pensiun.

Selain itu, pemerintah tidak memberikan tambahan formasi CPNS bagi Pemda yang belanja pegawainya di atas 50 persen.

"Berdasarkan data, terdapat 134 pemerintah daerah yang memiliki belanja pegawai di atas 50 persen. Sesuai ketentuan, mereka tidak dapat mengajukan tambahan formasi CPNS," ujarnya.

Halaman
1234
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved