Gagal Tahun Lalu, Dishub Siapkan Lagi Rp 15 Miliar Adakan Lahan Pelabuhan Pesawan

Dinas Perhubungan tidak ingin lagi proses pengadaan lahan tersebut molor.

Gagal Tahun Lalu, Dishub Siapkan Lagi Rp 15 Miliar Adakan Lahan Pelabuhan Pesawan
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Beberapa kapal sedang sandar untuk bongkar muat di Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor, belum lama ini. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pengadaan tanah bagi pembangunan Pelabuhan Pesawan belum kunjung tuntas. Rencana menyelesaikan semua tahapan pembebasan lahan tahun lalu gagal terealisasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara Taupan Majid menjelaskan, tahun ini instansinya menyiapkan dana sekitar Rp 15 miliar untuk mengadakan lahan seluas 60 hektare.

"Tahapan saat ini, masih dalam pendataan pemilik lahan. Kita rampungkan dalam waktu dekat. Supaya cepat juga kita bisa bebaskan," sebut Taupan saat disua Tribun, Rabu (11/4/2018).

Baca: Parto Bagikan Fotonya Saat Muda, Mirip Banget Ariel Noah?

Dinas Perhubungan tidak ingin lagi proses pengadaan lahan tersebut molor. Tahun 2019 nanti diharapkan pembiayaan pembangunan fisiknya bisa dianggarkan oleh pemerintah (pusat).

APBD Kalimantan Utara kata Taupan belum mampu membiayai sepenuhnya proyek tersebut. Selain kapasitas anggaran daerah yang masih kecil, pembangunan infrastruktur juga meliputi banyak sektor, utamanya pembangununan jalan dan jembatan beserta perkantoran.

"Mau tidak mau, kita usulkan ke pusat. Kita sudah komunikasi dengan Kementerian Perhubungan bahwa mereka siap mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan Utara," ujarnya.

Baca: Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Adalah Fiksi, Tokoh-tokoh Ini Langsung Angkat Bicara

Pelabuhan Pesawan akan difungsikan sebagai pelabuhan pengumpul yang akan melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, termasuk sebagai tempat asal tujuan penumpang dan barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help