TribunKaltim/
Home »

Techno

» Tekno

ICON+ Ajak Pengusaha TV Kabel Manfaatkan Open Akses Jaringan, Ini Keuntungannya

Memfasilitasi pemanfaatan tiang listrik PLN bagi penyelenggara TV kabel lokal, PT ICON+ mengajak pemilik TV kabel lokal

ICON+ Ajak Pengusaha TV Kabel Manfaatkan Open Akses Jaringan, Ini Keuntungannya
IST
Sejumlah pengusaha Lembaga Penyiaran Berlanggganan (LPB) di Kaltim mengikuti sosialisasi yang digelar ICON+ di Hotel Le Grandeur, Rabu (11/4) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Memfasilitasi pemanfaatan tiang listrik PLN bagi penyelenggara TV kabel lokal, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) mengajak pemilik TV kabel lokal memanfaatkan open akses jaringannya.

Manajer Kemitraan ICON+ Pusat Lantip Sasmito mengatakan, saat ini ICON+ sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero) telah mengantongi Izin Pemanfaatan Jaringan (IPJ) dan merupakan satu-satunya yang memiliki IPJ.

Berlandaskan Peraturan Menteri ESDM No 036 tahun 2013 tentang Tata Cara Permohonan Izin Pemanfaatan Jaringan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Telekomunikasi, Multimedia, dan Informatika. ICON+ telah memiliki IPJ sejak 2016.

Baca: Kesaksian Bos Facebook, Mulai Pertanyaan Nyeleneh Hingga Ramai Meme

Lantip mengatakan kenyataan di lapangan saat ini masih banyak pihak yang menggunakan tiang listrik walaupun tidak memiliki izin, bahkan pemasangan kabel tidak sesuai standar instalasi dan keamanan sehingga terkesan semrawut. Selain itu mengganggu penyaluran ketenagalistrikan PLN dan membahayakan keamanan masyarakat sekitar.

Lanjutnya sesuai kebijakan PLN, maka seluruh pihak ketiga yang ingin memanfaatkan tiang listrik untuk keperluan telematika, harus bekerjasama dengan model Open Access. Pihak ketiga termasuk LPB dapat menyelengarakan layanan melalui infrastruktur Open Access yang dibangun ICON+.

Baca: Money Charge dan ATM akan Hadir di Aji Kuning Perbatasan Sebatik

ICON + telah menggelar sosialisasi bertajuk Solusi Pemanfaatan Tiang Listrik PLN untuk Kepentingan Telematika dengan Konsep Open Acces dihadiri perwakilan Dinas Kominfo Kaltim, PT PLN (Persero) Wilayah Kaltimtara, serta para pengusaha Lembaga Penyiaran Berlanggganan (LPB) di Kaltim di Hotel Le Grandeur, Rabu (11/4) lalu.

General Manager ICON+ Strategic Business Unit Balikpapan, Yulianto Sri Hartadi menambahkan, trend teknologi di masa kini yang bersifat disruptif yang mampu menggeser cara-cara berbisnis yang traditional.

Baca: Sekretaris Diskominfo dan Kabag Humas Pemkab Malinau Bergeser

Dalam bisnis TV berlangganan, lanjutnya yang sekarang dijalankan para LPB, jika tidak melakukan inovasi, maka lambat laun digantikan dengan teknologi yang lebih maju, seperti IPTV, internet dan OTT .

Saat ini PT ICON + telah menunjuk Heriyadi dari PT. Surya Kabel Tv sebagai Perwakilan wilayah Kaltim. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help