TribunKaltim/

Pilgub Kaltim 2018

Bedah Pengelolaan Energi Masa Depan Kaltim, Pakar Ini Lengkapi Dasacita Rusmadi-Safaruddin

Guru besar Universitas Mulawarman ini melihat visi 'Kaltim Bermartabat' sudah begitu lengkap menunya.

Bedah Pengelolaan Energi Masa Depan Kaltim, Pakar Ini Lengkapi Dasacita Rusmadi-Safaruddin
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Cawagub Kaltim Safaruddin didoakan salah seorang lansia berumur 80 tahun, H Noor Soto, saat blusukan di Gang Somel, Karang Jati, Balikpapan Tengah. Noor turut mendoakan cawagub nomor urut 4 ini terpilih pada Pilgub Kaltim 2018. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim, Rusmadi-Safaruddin menuai banyak pujian lantaran gagasan dasacitanya yang fokus pada transformasi ekonomi pascamigas.

Meski begitu, di mata Prof Dr Daddy Ruchyat masih ada hal yang mesti dilengkapi, yaitu program energi alternatif panas bumi sebagai energi hijau yang ramah lingkungan.

Guru besar Universitas Mulawarman ini melihat visi 'Kaltim Bermartabat' sudah begitu lengkap menunya.

Uraian dari berdaya saing, mandiri, aman, sejahtera dan berkelanjutan, di dalamnya ada 10 misi atau Dasacita, di antaranya Kaltim Aman, Kaltim Mandiri, Kaltim Mulus, Kaltim Religius, Kaltim Cerdas, Kaltim Membangun Desa, Kaltim Swasembada Pangan, Kaltim Kreatif, Kaltim tanpa Banjir dan Kaltim Lestari.

Baca: Polda Sudah Periksa 42 Saksi, Ungkap Penyebab Pipa Minyak Pertamina Patah Tunggu Ini

Khusus pada 'Kaltim Lestari', Prof Daddy, menyoroti perlu diakomodirnya energi alternatif panas bumi sebagai energi hijau yang ramah lingkungan.

“Kaltim itu punya potensi panas bumi yang besar, bahkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka peluang investasi geothermal di kawasan hutan,” kata Daddy.

Untuk mencapai skala produksi yang ekonomis, perlu dilakukan kajian yang lebih intens lagi. Tapi setidaknya ada perkiraan sekitar 10 megawatt untuk level hipotik potensi, lalu ada lagi level terkira dan terukur.

Baca: Disinggung soal Peluang Maju di Pilpres 2019, Begini Pernyataan Abraham Samad

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help