Disdukcapil Kaltara: Warga Bisa Ajukan Permohonan Pindah Data di Disdukcapil Tujuan

Ia juga meminta masyarakat yang data kependudukannya ingin dipindahkan, bersikap jujur saat ditanyai oleh petugas di Disdukcapil.

Disdukcapil Kaltara: Warga Bisa Ajukan Permohonan Pindah Data di Disdukcapil Tujuan
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Sekretaris Disdukcapil Kalimantan Utara Sumaji berbicara dalam kegiatan sosialisasi pemutakhiran data pemilih oleh KPU Kalimantan Utara di Tugu Cinta Damai, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, Minggu (15/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Masyarakat di Kalimantan Utara ditaksir masih ada beberapa yang belum memiliiki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E), utamanya mereka yang datang dari luar daerah alias ber-KTP luar Kalimantan Utara.

Sekretaris Disdukcapil Kalimantan Utara Sumaji meminta bagi mereka yang pindah ke Kalimantan Utara sebaiknya membawa surat pindah dari daerah asalnya untuk kemudian diproses di Discukcapil Kabupaten/Kota agar dibuat KTP-E dan Kartu Keluarga (KK).

Sedang yang sudah terlajur pindah, dan tidak dimungkinkan mengurus KTP-E di daerah asalnya, cukup dengan memingajukan permohonan kepada Disdukcapil Kabupaten/Kota untuk dipindahkan data kependudukannya.

"Nanti Disdukcapil Kabupaten/Kota yang memindahkan datanya dari daerah asal ke Bulungan misalnya," kata Sumaji dalam kegiatan Senam Sehat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara, Minggu (15/4/2018) di Taman Sungai Kayan, Tanjung Selor, Bulungan.

Ia juga meminta masyarakat yang data kependudukannya ingin dipindahkan, bersikap jujur saat ditanyai oleh petugas di Disdukcapil.

"Kalau tidak jujur, akan susah. Begitu rekaman, sidik jarinya akan ketahuan, ketahuan data ganda dan sebagainya. Selain itu, akan lebih sulit lagi karena akan berurusan dengan Disdukcapil asal juga dan Kemendagri. Di Kemendagri ada 258 juta orang diurusi," sebutnya.

Baca juga:

Inilah Wujud Kekhawatiran Ustadz Felix Siauw Jika Kitab Suci Diterima sebagai Fiksi

Terungkap Background Akademik Rocky Gerung, Begini Penjelasan Guru Besar UI

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help