Presiden Xi Menyaksikan Langsung Latihan Perang Cina, Lihat apa yang Terjadi!

Cina menyiarkan langsung latihan besar yang disaksikan oleh Presiden Xi Jinping, sebagai respon atas rencana Taiwan menggelar latihan serupa.

Presiden Xi Menyaksikan Langsung Latihan Perang Cina, Lihat apa yang Terjadi!
reuters
Cina menyiarkan sebuah rekaman latihan perang besar-besaran di laut Cina selatan, pada 12 April 2018 lalu, untuk merespon rencana latihan perang serupa yang dilakukan oleh Tiawan, 8 April 2018. 

PRESIDEN Cina seumur hidup, Xi Jinping menyaksikan latihan angkatan laut terbesar, sekaligus sebagai ungkapan unjuk kekuatan dengan mengerahkan 48 kapal perang dan kapal selam sebagai kekuatan utamanya.

Latihan itu melibatkan 10.000 perwira angkatan laut, 76 jet tempur, dan armada 48 kapal perang dan kapal selam, rekaman ini muncul sebagai respon rencana Taiwan menggelar latihan perang besar di Selat Taiwan, yang direncakan dilaksanakan pada hari ini 18 April 2018.

Beginilah rekaman tayangan pra-latihan pasukan laut Cina yang disaksikan langsung oleh Presiden Cina, Xi Jinping.
Beginilah rekaman tayangan pra-latihan pasukan laut Cina yang disaksikan langsung oleh Presiden Cina, Xi Jinping. (AP)

Cina telah melakukan latihan angkatan laut terbesarnya di Laut Cina Selatan di tengah meningkatnya ketegangan dengan Taiwan atas wilayah yang disengketakan.

Penyiar televisi negara China, China Central Television menayangkan rekaman saat Presiden menumpang salah satu kapal perusaknya dan berlayar ke lokasi yang tidak disebutkan namanya di perairan yang ramai oleh warga yang sedang menonton latihan.

Bukan cuma kekuatan laut, Cina juga mengerahkan pesawat tempur udara dalam latihan itu.
Bukan cuma kekuatan laut, Cina juga mengerahkan pesawat tempur udara dalam latihan itu. (reuters)

Dalam pidatonya yang membakar semangat pasukannya, Presiden Xi mengatakan bahwa kebutuhan Cina akan angkatan laut dunia yang terkemuka sangat mendesak hari ini.

Presiden mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat harus bekerja untuk mengembangkan kekuatan angkatan lautnya, membangun sistem tempur maritim modern dan memperkuat kapabilitasnya dalam misi militer yang terdiversifikasi.

Angkatan Laut Cina secara terang-terangan memamerkan persenjataan lengkap, dalam sebuah latihan tempur yang tidak disebutkan lokasinya.
Angkatan Laut Cina secara terang-terangan memamerkan persenjataan lengkap, dalam sebuah latihan tempur yang tidak disebutkan lokasinya. (reuters)
Iring-iringan kepala perang dilindungi oleh pesawat tempur dalam sebuah pra-latihan yang langsung disaksikan oleh Presiden Xi Jinping.
Iring-iringan kepala perang dilindungi oleh pesawat tempur dalam sebuah pra-latihan yang langsung disaksikan oleh Presiden Xi Jinping. (Getty Images)
Dua kapal perusak sedang melakukan manuver dalam latihan yang disaksikan oleh Presiden Xi Jinping
Dua kapal perusak sedang melakukan manuver dalam latihan yang disaksikan oleh Presiden Xi Jinping (Getty Images)
Lantang, komandan menyatakan kesiapan dalam melaksanakan latihan militer besar Cina.
Lantang, komandan menyatakan kesiapan dalam melaksanakan latihan militer besar Cina. (getty images)

Dia juga mendesak para prajurit untuk mengabdikan kesetiaan mereka kepada partainya - sebelum menonton jet lepas landas dari kapal induk melalui teropong.

Cina semakin menyebarkan pengaruhnya di Laut Cina Selatan. Negara tetangga Taiwan telah menyatakan keprihatinan atas tindakan Xi, karena Presiden Cina telah menetapkan negaranya di salah satu program pengembangan militer paling ambisius yang pernah dilihat.

Cina saat ini memiliki angkatan bersenjata terbesar di dunia -- tetapi pada masa pemerintahan Xi telah melipatgandakan investasi secara besar-besaran untuk teknologi, peralatan baru, termasuk pesawat tempur siluman serta pengangkut pasukan, dan juga program pelatihan.

Presiden Xi Jinping langsung memantau latihan besar-besaran militernya di sebuah lokasi yang tidak disebutkan namanya.
Presiden Xi Jinping langsung memantau latihan besar-besaran militernya di sebuah lokasi yang tidak disebutkan namanya. (telegraph.co.uk)

Hal ini juga telah terbukti meningkatkan riuh dalam sengketa teritorial di Laut Cina Timur dan Selatan dan di atas Taiwan, wilayah yang dikuasai sendiri yang diklaim Beijing sebagai miliknya.

Halaman
12
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help