TribunKaltim/

Hasil Riset Terbaru Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bisa Melindungi dari Stroke

Menurut riset terbaru bahwa minum kopi tiga cangkir sehari akan membantu mencegah stroke, bahkan enam cangkir pun masih aman untuk jantung.

Hasil Riset Terbaru Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bisa Melindungi dari Stroke
AARP
Secangkir kopi membawa kenikmatan dan kesehatan pada tubuh Anda. 

TRIBUNKALTIM.CO - MINUM tiga cangkir kopi sehari, akan melindungi kesehatan jantung Anda, minum enam cangkir pun sesungguhnya masih aman demikian pernyataan seorang ahli jantung.

Sebuah studi baru-baru ini di American College of Cardiology tentang pendapatan bahwa efek stimulan kafein berbahaya bagi kesehatan jantung.

Minum tiga cangkir kopi sehari tidak akan membahayakan jantung Anda, dan bahkan dapat mengurangi risiko ritme jantung Anda yang tidak normal, demikian hasil riset terbaru itu menyebutkan.

Minum kopi menjadi gaya hidup manusia dewasa ini, muncul kontroversi risiko kesehatan. Tetapi menurut hasil riset baru-baru ini minum tiga cangkir kopi tiap ahari akan menjaga kesehatan jantung Anda.
Minum kopi menjadi gaya hidup manusia dewasa ini, muncul kontroversi risiko kesehatan. Tetapi menurut hasil riset baru-baru ini minum tiga cangkir kopi tiap ahari akan menjaga kesehatan jantung Anda. (earth.com)

Para dokter telah lama memperingatkan bahwa konsumsi kafein mungkin berbahaya bagi mereka dengan tekanan darah tinggi pada jantung, karena akan memompa lebih keras dan keluar lebih cepat.

Tapi, studi baru dari American College of Cardiology menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko palpitasi hingga 13 persen, mengurangi risiko serangan jantung atau stroke secara bergantian - tetapi minuman energi berkafein masih menimbulkan risiko.

Lihat uap seduhan kopi nan semerbak mewangi merangsang siapapun untuk menyeruputnya.
Lihat uap seduhan kopi nan semerbak mewangi merangsang siapapun untuk menyeruputnya. (ourhomelove.com)

Minuman kopi memang masih tetap kontroversial ---tiga bulan lalu penelitian di California menyatakan kopi bersifat karsinogen--- tetapi studi terbaru ini menunjukkan bahwa minum hingga enam cangkir sehari masih aman bagi kesehatan, dan manfaat kesehatannya lebih besar daripada risikonya.

Minum tiga cangkir kopi setiap hari terkait dengan risiko 13 persen lebih rendah dari masalah irama jantung yang umum yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke dalam studi luas baru.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 340.000 orang menemukan bukti bahwa secara umum teh dan kopi dapat melindungi terhadap gangguan irama jantung.

Minum kopi gaya Jawa pun taka kalah nikmatnya.
Minum kopi gaya Jawa pun taka kalah nikmatnya. (kompasiana.com)

Antioksidan sehat dalam kafein mungkin berada di belakang fenomena itu, kata ahli jantung Dr Peter Kistler, yang memimpin penelitian baru dan merupakan direktur Rumah Sakit Alfred dan Baker Heart and Diabetes Institute.

Secara historis, sudah umum diasumsikan bahwa efek stimulan kafein dalam kopi dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat - berpotensi menyebabkan penyakit.

Halaman
123
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help