Home »

Techno

» Apps

Kamu Perlu Waspada, Ternyata Begini Cara Bobol Kartu Kredit dengan Menggunakan Data Curian

mereka menghubungi call center bank tertentu, mengaku sebagai nasabah bank dan meminta kepada customer service

Kamu Perlu Waspada, Ternyata Begini Cara Bobol Kartu Kredit dengan Menggunakan Data Curian
ISTIMEWA
Ilustrasi Kartu kredit 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA — Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengungkap praktik jual beli data nasabah bank melalui situs web bernama Temanmarketing.com. Panit 2 Unit 2 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Abdul Rahman mengatakan, pemilik situs web tersebut berinisial IS dan kini telah ditangkap.

Salah satu pelanggan IS berinisial NM. Kasubbid Penmas Humas PMJ AKBP I Gede Nyeneng mengatakan, NM menggunakan data nasabah itu untuk membobol kartu kredit korbannya.

Dalam menjalankan aksinya, NM menggunakan dua metode. Metode pertama adalah berpura-pura menjadi nasabah bank dan metode kedua adalah dengan berpura-pura sebagai pihak bank yang menginformasikan kerusakan kartu kredit nasabah.

Berpura-pura jadi nasabah

Metode pertama, lanjut Gede, setelah mendapatkan data para nasabah, NM dan rekannya yang berinisial TA mengecek data mana yang masih merupakan nasabah aktif.

Kemudian mereka menghubungi call center bank tertentu, mengaku sebagai nasabah bank dan meminta kepada customer service bank untuk meng-update atau memperbarui nomor ponsel data nasabah itu dengan dalih kartu kreditnya sedang mengalami kerusakan.

Berdasarkan permintaan NM, kemudian bank melakukan verifikasi dengan cara memberikan berbagai pertanyaan detail kepada tersangka.

“Dengan data yang sudah didapatkan tersangka NM, tersangka mampu menjawab pertanyaan dari pihak bank, termasuk data nama orangtua dan tanggal lahir,” ujar Gede di Mapolda Metro Jaya, Senin (16/4/2018). Baca

Kemudian, lanjut Gede, setelah lolos verifikasi pihak bank, tersangka mendapatkan OTP (one time password). NM pun meminta customer service bank untuk segera menerbitkan kartu kredit baru dan meminta agar kartu tersebut dikirim ke alamat rumahnya.

“Satu minggu kemudian kartu diantar ke alamat yang tersangka minta. Barulah tersangka NM dan tersangka lain berinisial AN melakukan transaksi tarik tunai ataupun online dengan menggunakan kartu kredit tersebut,” katanya.

[Sherly Puspita]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Cara Pelaku Bobol Kartu Kredit Bermodalkan Data Nasabah Curian.

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help