Parlemen Tuding Inggris Ikuti Trump

Corbyn mengkritisi langkah May yang tidak berkonsultasi dahulu dengan Parlemen sebelum memutuskan menggelar operasi militer ke Suriah.

Parlemen Tuding Inggris Ikuti Trump
US Today
Peluncuran rudal Tomahawk dari kapal perang AS menuju pangkalan militer Suriah 

TRIBUNKALTIM.CO, LONDON - Rapat dengar pendapat yang berlangsung di Parlemen Inggris selama kurang lebih tiga jam berlangsung dalam suasana pana

Penyebabnya adalah pernyataan Ketua Partai Buruh sekaligus Pemimpin Oposisi Jeremy Corbyn terhadap Perdana Menteri Theresa May. Seperti diberitakan Sky News Selasa (17/4), Corbyn menuduh May menyerang Suriah karena diperintahkan oleh Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump.

"Harus saya ingatkan bahwa Perdana Menteri bertanggung jawab terhadap Parlemen, bukan atas keinginan Presiden AS," kata Corbyn.

Sontak, pernyataan politisi 68 tahun tersebut langsung membuat May menggeleng seraya memutar bola matanya tanda tak percaya.

Corbyn mengkritisi langkah May yang tidak berkonsultasi dahulu dengan Parlemen sebelum memutuskan menggelar operasi militer ke Suriah.

Meski perdana menteri tidak mempunyai kewajiban hukum untuk meminta pendapat parlemen, para pendahulu May tercatat pernah berkonsultasi sebelum memerintahkan serangan.

Pada 2003, Perdana Menteri Tony Blair pernah meminta pendapat Parlemen sebelum memutuskan melakukan invasi ke Irak. Atau 10 tahun berselang, ketika Perdana Menteri David Cameron meminta izin Parlemen guna bergabung dengan AS untuk membombardir Suriah.

Usul tersebut ditolak, dan berdampak kepada keputusan mantan Presiden AS Barack Obama untuk membatalkan serangan.

Selain itu, Corbyn juga menyoroti serangan Inggris dilakukan tanpa terlebih dahulu meminta resolusi dari Dewan Keamanan PBB.

Karena itu, Corbyn kemudian mengusulkan agar terdapat Undang-undang Pernyataan Perang, yang mewajibkan perdana menteri meminta izin parlemen sebelum menyerang.

Halaman
12
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help