Otomotif

Wow, Mobil Kayu Lebih Mahal dari Mobil Asli, Harganya Bikin Kaget

KERAJINAN kayu model mobil dan motor sport milik Santoz boleh dibilang booth (stan) unik di gelaran Indonesia International Motor Show 2018

Wow, Mobil Kayu Lebih Mahal dari Mobil Asli, Harganya Bikin Kaget
tribunnews
Replika mobi kayu tampil di IIMS 2018 

TRIBUNKALTIM.CO - KERAJINAN kayu model mobil dan motor sport milik Santoz boleh dibilang booth (stan) unik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Berada di dalam Hall B, Santoz memamerkan mobil kayu berdesain Porsche 911 dan motor kayu berdesain Royal Enfield. Pahatan kayu kedua kerajinan itu, tampak rapi. Detail mesin dan juga lekukan bodi terlihat apik, ditambah ukuran yang sama dengan kendaraan aslinya.

Santoz mengaku meski sudah begitu intensif menggenjot pemasaran, tetapi tidak direspon positif di pasar Indonesia. Dia menjelaskan justru lebih banyak mengekspor kerajinannya itu ke pasar Amerika dan Eropa.

Baca: Sosok Spesial Datang ke Pernikahan Syahnaz dan Jeje Govinda, Netizen Langsung Heboh

"Selama dua tahun jualan, paling hanya tiga sampai empat unit untuk pasar Indonesia. Sedang di Amerika dan Eropa ya sudah puluhan unit. Tidak terlalu banyak diminati di Indonesia," kata Santoz ketika ditemui di IIMS 2018.

Namun, dirinya maklum. Dibanderol seharga 20 ribu-50 ribu dolar AS (Rp 270 juta-Rp 675 juta), konsumen Indonesia cenderung akan membeli kendaraan asli yang bisa dikendarai dan dipakai sehari-hari.

Apalagi, harga mobil kayu itu bisa untuk membeli banyak pilihan kendaraan. Sejauh ini, konsumennya di luar negeri, menjadikan kerajinannya sebagai pajangan di cafe, bar, maupun kantor-kantor otomotif.

"Iya orang maunya beli yang asli, daripada replika seperti ini dan hanya untuk pajangan. Kami jual seninya," tukasnya.

Memiliki bengkel di Jawa Tengah, Santoz mengatakan kerajinan tersebut dibuat langsung oleh anak bangsa. Sebanyak 30 orang pegawainya merupakan warga yang berasal dari sekitar bengkel.

Baca: Suzuki Ertiga 2018 Sudah Bisa Dipesan, Ini Estimasi Mobil Impian Anda Tiba di Rumah

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help