Festival Tumbiloto di Gorontalo, Jelang Lebaran Obor Menyala di Tiap Rumah

Nancy menjelaskan, di setiap rumah penduduk biasanya masyarakat akan menyalakan lampu seperti obor menggunakan minyak tanah.

Festival Tumbiloto di Gorontalo, Jelang Lebaran Obor Menyala di Tiap Rumah
KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR
Malam pasang lampu (Tumbilotohe) di Gorontalo dilakukan masyarakat untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Dulunya kegiatan ini untuk membantu proses distribusi zakat fitrah 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sepanjang 2018, akan ada 17 agenda wisata sepanjang tahun di Gorontalo.

Salah satunya jatuh menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini dikenal dengan Festival Tumbilatohe.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay mengatakan festival ini dilakukan pada saat bulan puasa menyambut hari Lebaran.

“Nanti saat bulan puasa, empat hari menjelang lebaran kita ada perayaan sendiri. Seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo pasang lampu,” ujar Nancy kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Nancy menjelaskan, di setiap rumah penduduk biasanya masyarakat akan menyalakan lampu seperti obor menggunakan minyak tanah.

Baca: Bawakan Koper Sang Ibu yang Kerepotan Gendong Anak, Pejabat Ini Buat Kagum Netizen

Kegiatan ini, kata Nancy, sudah dilakukan turun temurun setiap tahunnya.

“Zaman dahulu kan orangtua berpikir 10 hari sebelum lebaran turunnya Lailatul Qadar. Jadi ada kepercayaan di kami di Gorontalo bahwa dengan memasang lampu diseluruh rumah dan menurunkan semua foto di rumah dengan harapan Lailatul Qadar masuk ke rumah kita,” kata dia.

Seorang anak menikmati tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di Gorontalo. Tradisi ini dilakukan pada 3 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri
Seorang anak menikmati tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di Gorontalo. Tradisi ini dilakukan pada 3 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri (KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR)

Festival ini kemudian dikembangkan dan menjadi sebuah atraksi wisata.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help