Tari Ajay, Cara Warga Dusun Ngelin Menyambut Tamu

Satu di antaranya suku Dayak Kenyah Lepok Jalan yang bermukim di Dusun Ngelin, Desa Melan, Kecamatan Long Mesangat.

Tari Ajay, Cara Warga Dusun Ngelin Menyambut Tamu
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Puluhan masyarakat Dusun Ngelin menari menyambut kehadiran rombongan Wabup Kutim yang ditandai pula dengan pemberian gelang batu-batuan, Minggu (6/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Di Kabupaten Kutai Timur tinggal beragam warga dari berbagai suku. Pun suku Dayak yang ada di Kutim juga bermacam sebutannya.

Satu di antaranya suku Dayak Kenyah Lepok Jalan yang bermukim di Dusun Ngelin, Desa Melan, Kecamatan Long Mesangat.

Tahun ini, Dusun Ngelin menginjakkan usia yang ke lima tahun. Warga merayakannya dengan Pesta Adat sekaligus peletakan batu pertama untuk pembangunan Lamin Adat Desa Ngelin. 

Mereka memiliki cara sendiri dalam menyambut tamu yang hadir di dusun mereka.

Kehadiran Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, disambut hampir seluruh warga, mulai anak-anak dan orang tua dengan tarian Ajay, tarian Bersama dan tarian Hudoq yang berbeda dari biasanya. 

Baca juga:
 
 

Tarian Ajay dan Hudoq yang menggunakan penutup wajah dari manik-manik, merupakan tarian khas warga Ngelin untuk menyambut dan menghibur tamu yang datang.

Para tamu juga bisa menari Hudoq bersama. 

"Kegiatan budaya yang ditunjukkan warga harus dilestarikan. Ke depan, kita ingin acara adat di Dusun Ngelin menjadi acara rutin tahunan," ungkap Kasmidi Bulang.

Pembangunan Lamin Adat, menurut Kasmidi akan dibantu pemerintah, juga para anggota DPRD Kutim dari Fraksi Golkar.

"Untuk pengembangan budaya, Lamin Adat penting. Nanti semua kegiatan bisa dilakukan di Lamin Adat. Secara pribadi saya bantu Rp 50 juta. Demi kelestarian budaya di Dusun Ngelin," kata Kasmidi.

Lamin Adat Dusun Ngelin akan dibangun dengan ukuran 16 x 20 meter, tinggi 11 meter dan diprediksi membutuhkan anggaran mencapai Rp 490 juta. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help