WNA Ngamuk, Ini Kerugian yang Dialami Rudemin Balikpapan  

saat ini kondisi Rudemin sudah agak kondusif, sudah agak tenang, namun ketenangan ini masih belum ada penyelesaian yang benar-benar paten

WNA Ngamuk, Ini Kerugian yang Dialami Rudemin Balikpapan  
TRIBUNKALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Sebanyak 152 pengungsi Rudenim Balikpapan melakukan unjuk rasa. Mereka berteriak dari ruang kamar pengungsi sambil mengangkat kertas bertuliskan protes, Jumat (20/4/2018) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Usai mengikuti rapat bersama Plt Walikota Balikpapan, MUI, dan instansi lainnya, Senin (7/5/2018), Kepala Rudenim Balikpapan, Irham Anwar menyebutkan untuk Imigran Affaganistan pencari suaka ini akan dipulangkan kebeberapa daerah.

Irham menceritakan, saat ini kondisi Rudemin sudah agak kondusif, sudah agak tenang, namun ketenangan ini masih belum ada penyelesaian yang benar-benar paten.

"Karena untuk langkah penyelesaian yang sementara kami lalukan pemindahan sebanyak 77 orang ke beberapa daerah, diantara 66 orang ke Tanjung Pinang, sembilang orang ke Jakarta, dan dua orang ke Makassar," kata Irha.

Baca: Operasi Patuh Mahakam, Petugas Kejar Pelajar Sampai Halaman Masjid

Lokasinya itu tergantung mana saja tempat yang bisa menampung para WNA ini. Dimana  ada space untuk mereka akan dikirim ke daerah tersebut.

"Karena hampir semua rumah detensi imigrasi se-Indonesia yang memiliki community house penuh. Kalau di Balikpapan tidak memiliki community house, dan kejadian terakhir kemarin membuat kesempulan dan solusi pemidahan tersebut," ujar Irham. 

Menurut Irham, pemindahan dilakukan karena para WNA ini jenuh, pemindahan untuk diharapkan bisa menghilangkan kejenuhan mereka didalam. 

Baca: BPS akan Petakan Potensi Desa, Ini yang Akan Dilakukan DPMPD Kaltim

"Pemindahan tersebut dari Keputusan Direktorat Jendral Imigrasi dan hasil rapat ini mendukung hal tersebut. Sehingga kami akan segera melakukan pemindahan," ungkapnya.

Irham menyebutkan, kedepannya WNA ini tergantung Drektorat Imigrasi, apa dipulangkan kembali ke Balikpapan atau tidak, untuk pemulangan kembali pun harus ada lampu hijau dari Pemkot.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help