Pilgub Kaltim 2018

Begini Alur Debat Kedua Pilgub Kaltim Nanti Malam

Debat kedua Pilkada Kaltim akan digelar malam nanti live dari stasiun TV I News, Jakarta, sekitar pukul

Begini Alur Debat Kedua Pilgub Kaltim Nanti Malam
TRIBUN KALTIM
Debat perdana Pilkada Kaltim 2018 di Stasiun Metro TV, Jakarta, Rabu (25/4/2018) malam berjalan sesuai skenario. Ada 6 segmen, dengan durasi 90 menit (termasuk jeda iklan), empat pasangan calon (paslon) membeberkan gagasan dan program sesuai tema yang diberikan yakni 'Isu Strategis yang Dihadapi Kaltim'. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Debat kedua Pilkada Kaltim akan digelar malam nanti live dari stasiun TV I News, Jakarta, sekitar pukul 19.00 waktu Jakarta, atau 20.00 waktu Kaltim, Rabu (9/5/2018).

Mengambil tema "Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dan Potensi Lokal", alur debat nantinya tak jauh berbeda dari debat pertama lalu yang dilakukan di Stasiun Metro TV.

Hal ini disampaikan Ida Farida, Komisioner KPU Kaltim, Rabu (8/5/2018).

Baca: Ditanya Menteri BUMN Siapa Gubernur Kaltara, Murid SD di Tarakan Malah Jawab Begini

"Ya, tetap sama dengan alur debat kemarin. Daftar pertanyaan yang diberikan ke para paslon juga disusun oleh 14 tim panelis yang kemarin. Ada 7 anggota dari tim panelis yang ikut hadir ke Jakarta," ucap Ida yang saat ini sudah berada di Jakarta.

Secara garis besar, ada enam segmen yang dilakukan dari debatperdana tersebut. Dua segmen diantaranya, yakni segmen 4 dan 5, akan diberikan waktu khusus bagi tiap Cagub/ Cawagub untuk saling tanya kepada Cagub/ Cawagub pesaing.

Bagaimana proses pemberian pertanyaan, kemudian ikut dijelaskan lebih lanjut.

“Tiap Cagub/ Cawagub bisa memberikan pertanyaan kepada Cagub/ Cawagub lainnya. Pemilihan kepada siapa mereka akan bertanya akan dilakukan melalui semacam undian. Jadi, saat break (jeda iklan), disaksikan banyak orang yang hadir, mereka akan cabut (undian) untuk menentukan siapa yang bertanya pertama, kedua, ketiga dan keempat. Setelah itu, baru kemudian mencabut nomor kembali, untuk menentukan, kepada Cagub/ Cawagub nomor berapa pertanyaan itu diberikan. Jadi, semua sudah diatur. Cagub/ Cawagub tidak menentukan sendiri kepada siapa pertanyaan itu ditujukan,” ucapnya.

Baca: Sule Digugat Cerai Istri, Rizky Febian Unggah Foto Begini di Instagram Story, Semangat Iki

Dalam sesi debat antar Cagub/ Cawagub tersebut, juga akan diberi batasan waktu untuk menjawab dan melakukan konfirmasi balik atas jawaban yang diberikan.

“Yang bertanya diberikan waktu satu menit. Kemudian, yang menjawab diberikan waktu 1 setengah menit. Seteah itu, diberikan lagi feedback waktu kepada pihak yang memberikan pertanyaan selama 1 menit untuk merespon. Itu berlaku juga untuk saling tanya jawab antar Cawagub,” ucapnya.

Yang berbeda dari debat kedua, hanyalah pada jumlah tim pendukung paslon. Debat kedua ini, jumlah tim pendukung diperbolehkan lebih banyak, yakni 80 orang. Di debat pertama lalu, jumlah dibatasi hanya 50 orang.

"Ya, bisa 80 orang. Sementara untuk host/moderator, nantinya ada dua orang," ucap Ida Farida. (anj)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help