Operasi Patuh Mahakam Berakhir, Jumlah Pelanggar Berkurang Dibanding Tahun Lalu

rata-rata pengendara yang ditindak dalam operasi ini karena tidak menggunakan helm bagi pengendara roda dua

Operasi Patuh Mahakam Berakhir, Jumlah Pelanggar Berkurang Dibanding Tahun Lalu
Tribun Kaltim/Samir
Pengendara yang terkena razia yang digelar Polres PPU 

TRIBUNKALTIM.CO - Satlantas Polres Penajam Paser Utara (PPU) telah menindak 815 pengendara roda dua dan empat, selama digelar Operasi Patuh Mahakam, yang berakhir pada, Rabu (9/5) malam lalu. Sementara yang diberikan teguran sebanyak 530 pengendara.

Kasat Lantas Polres PPU, Iptu Hari Purnomo, Jumat (11/5/2018) mengatakan, jumlah pengendara yang ditindak dengan cara tilang memang cukup banyak karena mencapai 815 pengendara.

Namum bila dibandingkan dengan operasi yang sama pada tahun lalu mengalami penurunan karena tahun sebelumnya jumlah yang ditindak mencapai 1.049 pengendara.

Baca: Angkutan Plat Hitam Dikabarkan Dilarang Masuk Bandara SAMS, Begini Tanggapan Kadishub

Hari mengakui, rata-rata pengendara  yang ditindak dalam operasi ini karena tidak menggunakan helm bagi pengendara roda dua serta tidak memakai safety balt bagi pengendara roda empat atau lebih.

Untuk pengendara yang tidak menggunakan helm kata Hari, mereka peralasan jarak tempuh mereka cukup dekat, sehingga menilai tak perlu memakai helm.

"Padahal jauh dekat tetap wajib pakai helm bagi pengendara roda," ujarnya.

Untuk jumlah tilang tersebut, ia mengatakan bahwa sekitar 70 persen merupakan pengendara roda dua sementara sisanya pengendara roda empat atau lebih.

Baca: Di Antara yang Garang, Terselip Sosok Cantik Ikut Penyerbuan Teroris di Mako Brimob

Ia mengaku, khusus untuk roda dua mereka yang ditindak juga ada sebagian merupakan anak di bawah umur yang tidak diperbolehkan untuk mengendarai sepeda motor.

Selain memberikan sanksi tilang kata Hari, sebanyak 530 pengendara juga diberikan teguran lisan karena dinilai pelanggaran mereka ringan sehingga tak perlu diberikan tindakan dengan cara tilang.

Ia berharap, dengan adanya operasi ini para pengendara akan semakin sadar, karena dalam waktu dekat akan digelar lagi operasi menghadapi lebaran Idul Fitri.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help