Berita Video

Pawai Obor Sambut Bulan Ramadan

Pawai obor dimulai dari halaman Masjid At-Taqwa, Sabtu (12/5/2018) malam, massa begitu antusias mengikuti pawai obor pertama kali

Pawai Obor Sambut Bulan Ramadan
TRIBUN KALTIM / NALENDRO PRIAMBODO
Ratusan massa Nahdatul Ulama di Kota Balikpapan mengikuti pawai 1.000 obor menjelang bulan Ramadhan. Pawai yang dimulai dari Masjid At-Taqwa Kota Balikpapan ini pawai ini juga membawa pesan persatuan, kesatuan dan perdamaian. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Nalendro Priambodo 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Pawai Seribu Obor berlangsung di Balikpapan menyambut bulan Ramadan. Tak hanya itu, pawai ini juga membawa pesan persatuan, kesatuan dan perdamaian. 

Acara digelar pengurus PC Nahdatul Ulama dan DPC Ansor Balikpapan, yang diikuti ratusan orang yang tergabung dalam berbagai badan otonom Nahdlatul Ulama.

Pawai obor dimulai dari halaman Masjid At-Taqwa, Sabtu (12/5/2018) malam, massa begitu antusias mengikuti pawai obor pertama kali menyambut bulan suci Ramadan ini.

Di samping masjid At-Taqwa, massa yang sudah siap dengan obor menyala bersiap dilepas langsung oleh Ketua PCNU Kota Balikpapan, KH Muclasin.

Baca Juga :

Diduga Seorang Pelaku Bom Masih Berkeliaran di Surabaya, Laporkan Jika Melihatnya

Korban Terus Berjatuhan, 9 Orang Tewas. Inilah Fakta Terakhir hingga Pukul 11.04 WIB

Perjuangan Panjang Wujudkan Jembatan Tol Teluk Balikpapan, Yusran: Mimpi Saya Segera Terwujud

Sebelum itu, KH. Muclasin mengajak seluruh peserta untuk membacakan surat Al-fatihah sebanyak tiga kali bagi korban jiwa, khususnya lima anggota Brimob yang gugur pada tragedi di Mako Brimob Kelapa Dua, beberapa hari lalu.

Tetabuhan rebana diiringi berbagai shalawat, lirik lagu Habbul Wathon Minal Iman yang berarti mencintai negara sebagian dari iman, dan sejumlah puji-pujian lainya mengiri pawai yang sempat menyedot perhatian banyak warga yang kebetulan melintas.

Pawai semakin semarak dengan aksi berani anggota Banser yang menyemburkan bahan bakar dari mulutnya sehingga mengeluarkan semburan api, menambah ramai malam Minggu di kota Balikpapan.  

Tepat di depan Polres Balikapapan, massa kembali ke titik start. Ibu-ibu, remaja dan anak-anak masih antusias dan tak berhenti menyanyikan berbagai puji-pujian.

Dijelaskan KH. Muclasin, pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1493 H ini, merupakan upaya mengangkat kembali tradisi turun leluhur yang menyambut Ramadhan dengan suka cita dan gembira.

"Pesan Rasulullah, barang siapa yang menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang penuh gembira maka diharamkan jasadnya dari api neraka,"ujarnya ditemui usai acara.

Selain itu, dalam pawai kali ini, pihaknya Ingin menyampaikan pesan damai bagi seluruh komponen bangsa, sebagai bangsa yang besar, menurutnya sayang sekali jika kedamaian dan kerukunan diciderai oleh aksi yang terjadi di Mako Brimob beberapa waktu lalu.

"Mudahan TNI dan Polri diberi kekuatan untuk terus menjaga kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia,"ujarnya.

Lihat Videonya :

(*)

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help