Antisipasi Aksi Teror Peran Ketua RT Sangat Vital

Bupati dan Plt Walikota Tarakan harus hadir dan tidak boleh diwakilkan. Kalau nanti ada yang diwakilkan saya kasih surat peringatan

Antisipasi Aksi Teror Peran Ketua RT Sangat Vital
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Mengantisipasi aksi teror yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta dan Surabaya, Pemprov Kaltara dalam waktu dekat ini mengadakan rapat bersama dengan seluruh kepala daerah di Kaltara dan komponen masyarakat.

Rapat bersama yang akan membahas kewaspadaan dalam mengidentifikasi orang-orang yang masuk ke daerah di Provinsi Kalara rencananya dilakukan besok, Rabu (16/5/2018). Gubernur meminta kepala daerah di Kaltara wajib hadir.

"Bupati dan Plt Walikota Tarakan harus hadir dan tidak boleh diwakilkan. Kalau nanti ada yang diwakilkan saya kasih surat peringatan. Kita sebagai kepala daerah itu harus tahu mana yang prioritas dan nomor dua. Jadi rapat ini sangat penting demi keamanan daerah kita bersama," tegas Irianto Lambrie, Senin (14/5/2018) usai rapat Tim Pemantau Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Balroom Hotel Tarakan Plaza.

Orang nomor satu di Kaltara ini mengatakan, dalam rapat ini ia juga akan mengajak Badan Intelejen Negara (BIN) Provinsi Kaltara untuk melakukan monitoring, mengindentifikasi orang-orang yang masuk di Kaltara.

"Dalam mengindentifikasi orang-orang yang masuk di Kaltara kita juga butuh peran dan kepedulian ketua RT. Jadi kalau ada orang yang datang dari luar ke Kaltara, ketua RT harus tahu maksud kedatangan orang tersebut. Jangan sampai orang itu mengikuti paham radikalisme," ujarnya.

Menurut Irianto, identifikasi terhadap orang baru di Kaltara sangat penting dilakukan. Pasalnya pelaku aksi teroris yang terjadi di Surabaya, ternyata satu keluarga yang pernah tinggal di Suriah.

"Jadi harus kita waspadai hal-hal seperti ini, jangan sampai orang yang datang ke sini, ternyata pernah bermukim di Suriah dan mengikuti paham radikalisme. Apalagi kita melihat pelakunya itu satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan anak-anaknya," ujarnya. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help