Di Tarakan, Zakat Fitrah Tertinggi Ditetapkan Rp 34.000

ia mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan agar membayar zakat fitrah di awal-awal Ramadan. Agar dapat dibagikan kepada yang berhak

Di Tarakan, Zakat Fitrah Tertinggi Ditetapkan Rp 34.000
TRIBUN KALTIM/nik
Kepala Kantor Kemenag HM Shaberah, 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan Provinsi Kaltara telah menetapkan bahwa kadar zakat fitrah tahun 1439 H atau tahun 2018 ada tiga kategori yakni, harga tertinggi, menegah dan rendah.

Zakat fitrah harga tertinggi Rp 34.000 perjiwa, harga menegah Rp 30.000 perjiwa dan harga terendah Rp 24.000 perjiwa. Penetapan kadar zakat fitrah ini berdasarkan hasil rapat dari beberapa instansi, masing-masing Bulog, Dinas Perdagangan dan UMKM, Pemkot Tarakan Bagian Ekonomi, Kantor Pengadilan Agama, dan tokoh organisasi masyarakat (Ormas) Islam KotaTarakan.

Menurut Kepala Kemenag Kota Tarakan, HM Shaberah, penetapan zakat fitrah ini ditentukan dari hasil rapat dengan instansi terkait. Hasil rapat diketahui bahwa harga beras di pasaran untuk harga tertinggi Rp 13.600 perkilogram, harga menegah Rp 12.000 perkilogram hingga Rp 12.400 perkilogram dan terendah Rp. 9.450 perkilogram hingga Rp 9.600 perkilogram.

"Kita menggunakan beras, karena sesungguhnya untuk zakat fitrah itu apa yang kita makan. Nah yang kita makan inikan beras, jadi kita harus bayar dengan menggunakan beras sebesar 2,5 kilogram. Cuman kita ini kadang ada yang ingin cepat saja, jadi memilih membayar zakat fitrah dengan menggunakan uang," ujar Shaberah di ruang kerjanya di Kantor Kemenag, Selasa (15/5/2018).

Shaberah mengatakan, dengan adanya penetapan kadar zakat fitrah di Kota Tarakan, ia mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan agar membayar zakat fitrah di awal-awal Ramadan. Hal ini agar zakat fitrah dapat dibagikan langsung kepada yang berhak menerima zakat.

"Saran saya sebaiknya awal-awal Ramadan dan paling lambat H-3 sebelum malam Lebaran. Kalau zakat fitrah dibayar dan terkumpul tentunya panitia pengumpul zakat bisa langsung menyerahkan zakat fitrah tersebut kepada yang berhak menerimanya," ucapnya.

Penyerahan zakat fitrah dapat dilakukan di lembaga resmi zakat yang ada di Kota Tarakan, di antaranya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Laz Muhammadiyah dan Inisiasi Zakat Indonesia (IZI). "Bisa juga di seluruh masjid di Kota Tarakan," katanya.

Tak hanya itu, kata Shaberah, apabila di bulan Ramadan ada orangtua yang tidak mampu berpuasa karena sakit, lalu ada wanita hamil dan wanita menyusui tidak berpuasa, berarti wajib membayar fidyah. Artinya fidyah ini memberikan makan orang miskin.

"Kalau memberikan makan orang miskin berarti makanannya itu seperti kita sehari tiga kali. Nah kalau sehari tiga kali, kita memperhitungkan satu kali makan Rp 15.000. Berarti tiga kali makan Rp 45.000 sehari ini dikalikan dengan sebulan puasa," ujarnya. (*)

HASIL RAPAT DIKETAHUI BAHWA HARGA BERAS DI PASARAN
* Harga tertinggi Rp 13.600 perkilogram
* Harga menegah Rp 12.000 perkilogram hingga Rp 12.400 perkilogram
* Harga terendah Rp. 9.450 perkilogram hingga Rp 9.600 perkilogram

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help