14 Peserta Lolos Seleksi Bawaslu Kaltara

Mereka yang lolos ini akan mengikuti tes tertulis pada 20 Mei mendatang di ruang teleconference Universitas Borneo

14 Peserta Lolos Seleksi Bawaslu Kaltara
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Timsel Calon Bawaslu Provinsi Kaltara, saat jumpa pers dengan wartawan di Kantor Pawaslu Kota Tarakan, Rabu (16/5/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltara akhirnya mengumumkan 14 calon yang lolos mengikuti tahapan pertama Selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni tes tertulis dan tes psikologi.

Sebanyak 14 calon yang lolos itu merupakan orang-orang yang berasal dari profesi berbeda-beda mulai dari akademisi hingga yang masih menjabat sebagai ketua dan anggota Panwaslu kabupaten dan kota di Kaltara.

Mereka yang lolos ini akan mengikuti tes tertulis pada 20 Mei mendatang di ruang teleconference Universitas Borneo Tarakan dan 21 Mei tes psikologis. Khusus tes tertulis langsung ditangani Bawaslu RI dan tes psikologi dari Mabes Polri.

Menurut Ketua Timsel Bawaslu Provinsi Kaltara, Syaiful Anwar, untuk tes tertulis dan tes psikologi pihaknya hanya menyiapkan tempat seleksi. Sedangkan penilaian dua tes ini dilakukan Bawaslu RI dan Mabes Polri.

"Dari tes tertulis dan psikologis akan kita ambil 8 orang. Mereka yang lolos tes tertulis dan psikologis ini akan mengikuti tahapan seleksi tes kesehatan dilakukan 28 dan 30 Mei. Sedangkan tes wawancara akan dilakukan pada 31 Mei mendatang. Kami dari timsel akan terlibat langsung," ungkapnya, Rabu (6/5/2018) di Kantor Panwaslu Kota Tarakan.

Syaiful mengatakan, dari 8 orang yang mengikuti tes wawancara akan diambil 4 orang. "Nah 4 orang inilah yang namanya kita serahkan kepada Bawaslu RI untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan," katanya.

Sekretaris Timsel Bawaslu Kaltara, Hariyadi Hamid menambahkan, dengan lolosnya 14 orang calon ini, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap 14 orang ini bagaimana track recordnya. Untuk tanggapan dari masyarakat pihaknya memberikan batas waktu mulai 16 Mei hingga 22 Mei mendatang.

"Kami berikan kesempatan kepada masyarakat untuk menanggapinya. Kira-kiria 14 orang calon ini memiliki track record yang bagus di masyarakat. Misalnya saja apakah dari mereka ini ada kedekatan dengan para paslon yang mengikuti pemilu. Atau masuk di salah satu partai politik. Sebab tanggapan masyarakat ini salah satu masukan penilaian dari kami yang nantinya akan kami konfirmasi dengan calon yang bersangkutan," ungkapnya. (*)

14 CALON BAWASLU PROVINSI KALTARA
1. Arif Rochman
2. Kaharuddin
3. Rahman
4. Akhmad Syahran
5. Anwar Joko
6. Mulyono
7. Abdul Hartis
8. Elthan Musa
9. Jupri
10. Suryani
11. Roni Juani
12. Sungkono
13. Fadiliansyah
14. Ahmad
* Sumber: Timsel Bawaslu Provinsi Kaltara

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved