Kemenag Tetapkan di Bontang Zakat Fitrah Rp 37.500, Ini Penjelasannya

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang menetapkan nilai zakat fitrah tertinggi di Bontang Rp 37.500 per jiwa.

Kemenag Tetapkan di Bontang Zakat Fitrah Rp 37.500, Ini Penjelasannya
Ilustrasi - Membayar zakat fitrah 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang menetapkan nilai zakat fitrah tertinggi di Bontang Rp 37.500 per jiwa. Besaran zakat fitrah tersebut mengacu harga beras tertinggi yang dipasarkan di Bontang Rp 15.000 per Kg.

"Kita sudah menetapkan kadar zakat fitrah berdasar 3 kategori, mulai Rp 25 ribu, Rp 30 ribu, dan tertinggi Rp 37.500, setara dengan harga 2,5 Kg harga beras di pasaran," ujar Kepala Kemenag Bontang, H Sulaeman, Rabu (16/5).

Baca: Begini Jawaban Wakil Ketua DPRD Balikpapan soal Penolakan Pengungsi Beraliran Syiah di Rudenim

Menurut Sulaeman, penetapan zakat fitrah ini ditentukan dari hasil rapat yang mengacu pada harga beras di pasaran sebagai basis penentuan zakat. Berdasarkan data dari lintas instansi pemerintah, harga beras tertinggi di pasaran Bontang Rp 15.000 per kg, harga beras menengah Rp 12.000/kilo dan nilai jual beras terendah Rp 10 ribu per kilo.

"Zakat fitrah ini mengacu pada makan kita, yakni beras 2,5 Kg. Tapi sekarang banyak yang ingin cepat saja, jadi memilih membayar zakat fitrah dengan menggunakan uang," katanya.

Sulaeman mengimbau dengan ditetapkannya kadar zakat fitrah tahun ini, masyarakat segera membayar zakat fitrah di awal-awal Ramadan. Hal ini untuk memudahkan petugas zakat fitrah menyalurkan zakat kepada warga yang berhak.

Menurutnya, pengalaman selama ini pembayaran zakat yang menumpuk di akhir bulan suci Ramadan cukup menyulitkan panitia pengumpul zakat untuk menyalurkan kepada yang berhak.

Baca: Debat di TV Nasional, KPUD Siapkan 5 Tim Pakar

"Harapan kami sebaiknya zakat fitrah ini dibayar di awal-awal Ramadan. Kalau zakat fitrah dibayar dan terkumpul tentunya panitia pengumpul zakat bisa langsung menyerahkan kepada yang berhak menerimanya," ucapnya.

Penyerahan zakat fitrah dapat dilakukan di lembaga resmi zakat, yakni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan bisa juga langsung dibayarkan ke masjid terdekat. Selain mengimbau pembayaran zakat fitrah di awal Ramadan, Sulaeman juga mengingatkan bagi seluruh umat muslim agar membayarkan zakat harta dengan berpatokan pada harga emas tertinggi Rp 660 ribu per gram.

Bagi kaum muslim yang memiliki emas dengan harga tertinggi seberat 85 gram atau setara Rp 56.100.000, diwajibkan mengeluarkan zakat Rp 1.402.500. (*)

Penulis: Udin Dohang
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help