Kasus HIV/AIDS di Nunukan Meningkat Selama 2017

Dinkes Nunukan juga terus melakukan sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan pentingnya pemahaman terhadap penularan HIV/AIDS

Kasus HIV/AIDS di Nunukan Meningkat Selama 2017
TRIBUN KALTIM / NIKO RURU
Sabaruddin 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan di Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat adanya peningkatan jumlah kasus penderita HIV/AIDS di wilayah perbatasan.

Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Sabaruddin mengatakan, tahun 2017 tercatat ada 17 warga Nunukan yang dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

"Pada 2016 ada 10 orang yang dinyatakan positif HIV/AIDS," ujar Sabaruddin, Selasa (15/05/2018). Naiknya jumlah penderita HIV/AIDS sepanjang 2017 membuat Dinkes Nunukan berupaya agar masyarakat mau berpartisipasi dalam Voluntary Counselling and Testing (VCT) pada tahun ini.

Nunukan tahun ini menargetkan 200 warga yang akan melakukan VCT. Dengan demikian akan diketahui lebih akurat jumlah penderita HIV/AIDS. "Tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri masih rendah, tahun ini kami targetkan ada 200 warga melakukan pemeriksaan," imbuh Sabaruddin.

Dinkes Nunukan juga terus melakukan sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan pentingnya pemahaman terhadap penularan HIV/AIDS. Dinkes Nunukan juga membuka outlet kondom gratis di lokasi prostitusi untuk menekan penyakt menular masyarakat dan HIV/AIDS. "Kami hanya melakukan sosialisasi dan program outlet kondom gratis di lokasi prostitusi masih berlangsung," ucap Sabaruddin. (*)

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved