Tangani Anak Ngelem, Perlu Perda Penanganan Kenakalan Remaja

Untuk itu, pihaknya meminta instansi terkait menyusun draft regulasi untuk penanganan kasus kenakalan remaja ini. Ini penting.

Tangani Anak Ngelem, Perlu Perda Penanganan Kenakalan Remaja
IST
Belasan anak muda terciduk aparat keamanan tengah melakukan pesta ngelem di dalah satu rumah kontrakan RT 29 Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat, Sabtu (9/12/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - SEKRETARIS Komisi I DPRD Bontang, Yandri Dasa miris melihat angka kenakalan remaja di Bontang.

Dia mengatakan diperlukan langkah yang cermat dan sistematis untuk menyelesaikan masalah sosial generasi penerus bangsa ini.

“Tak bisa ini dibiarkan berlarut-larut, harus segera mengambil langkah tepat,” ungkap Yandri, Minggu (27/5). Ia mengungkapkan, penanganan sosial masalah remaja saat ini memang belum maksimal. Selama ini remaja yang didapati menghisap lem, hanya diamankan petugas kemudian digiring menuju rumah singgah untuk pembinaan atau terapi penyembuhan.

Penanganan tersebut dinilai belum maksimal. Sebab, pasca mendapat pembinaan atau terapi mereka kemudian dipulangkan ke lingkungan keluarga.

Sayangnya, kasus yang terjadi akibat lingkungan dan pergaulan yang tak mendukung sang anak kembali melakukan kebiasaan negatifnya tersebut.

“Di sini harus ada penanganan serius. Semua instansi yang terkait harus terlibat. Tidak bisa kalau hanya sampai di situ,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta instansi terkait menyusun draft regulasi untuk penanganan kasus kenakalan remaja ini. Ini penting.

Agar seluruh penanganan terkait kasus kenakalan remaja diselesaikan hingga tuntas. Regulasi nantinya bakal mengatur terkait, peran orang tua dan lingkungan menciptakan kondisi yang ramah bagi anak. Kemudian bahan baku lem dan sejenisnya pun perlu diatur peredarannya. Sehingga regulasi nantinya mengatur sebab hingga dampaknya. (*)

Penulis: Udin Dohang
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help