Malinau Ajukan Kuota Tenaga Pendidikan Paling Banyak

Ada juga pegawai kita yang masih berpendidikan SD dan SMP. Namun, persentasenya sangat kecil, yakni 1,75 persen saja

Malinau Ajukan Kuota Tenaga Pendidikan Paling Banyak
istimewa
Ilustrasi - Tes CPNS 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Mengambil pengalaman sebelumnya, menurut Tan Irang, dari pengajuan ini tidak akan seluruhnya disetujui pemerintah pusat. Namun demikian, sesuai arahan kementerian untuk tenaga teknis yang telah ditentukan akan dipenuhi kebutuhannya. Oleh karenanya, Tan meyakini, pengajuan tenaga tekhnis akan disetujui seluruhnya.

"Jadi, untuk semuanya itu ada 649 formasi yang kita ajukan. Rinciannya, 422 formasi guru, 216 formasi tenaga kesehatan dan 11 tenaga tekhnis. Untuk tenaga kesehatan, itu sudah termasuk dokter di dalamnya. Untuk tenaga teknis, yakni tenaga teknis pengairan, lingkungan hidup, teknik sipil dan ilmu pertanahan," paparnya.

Dari 1050 formasi yang diajukan tahun 2014 lalu, Pemkab Malinau hanya mendapatkan 186 formasi. Begitu pula tahun 2018 ini, Tan memprediksikan, Kemen PAN-RB hanya akan menyetujui 100 formasi lebih. Akan tetapi, Tan meminta, pemerintah pusat lebih memperhatikan Kabupaten Malinau yang merupakan salah satu kabupaten perbatasan dan pedalaman di Indonesia.

"Tidak mungkin disetujui semua. Tapi, sekali lagi saya mengingatkan pemerintah pusat bahwa Kabupaten Malinau ini memerlukan sangat banyak pegawai. Wilayahnya yang begitu luas, yakni 2/3 Kalimantan Utara dan daerahnya yang terpencar-pencar, sehingga harus terpenuhi kebutuhan pegawainya. Ini harus menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemerintah pusat," tandasnya.

Saat ini di Kabupaten Malinau terdapat 3.425 ASN. 5,87 persen pegawai tersebut memiliki kualifikasi pendidikan pascasarjana. Kemudian, 39,45 persen berkualifikasi sarjana, 24,41 persen berkualifikasi diploma, dan 28,53 persen berkualifikasi SMA/sederajat.

"Ada juga pegawai kita yang masih berpendidikan SD dan SMP. Namun, persentasenya sangat kecil, yakni 1,75 persen saja. Di Malinau, kita terus mendorong pegawai kita untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuana diri melalui pelatihan sampai pada mendorong meningkatkan jenjang pendidikan," paparnya. (*)

POSISI ASN KABUPATEN MALINAU
* Jumlah ASN 3.425 ASN
* Kualifikasi pendidikan pascasarjana 5,87 persen
* Kualifikasi sarjana, 39,45 persen
* Kualifikasi diploma, 24,41 persen
* Kualifikasi SMA/sederajat.28,53 persen
* Berpendidikan SD dan SMP 1,75 persen

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help