Kunjungi Polres Paser, Kapolda Kaltim Begini Arahan Redam Konflik di Daerah

dalam paparan Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra. Di wilayah hukumnya konflik antara masyarakat dengan perusahaan masih kerap terjadi.

Kunjungi Polres Paser, Kapolda Kaltim Begini Arahan Redam Konflik di Daerah
Tribun Kaltim/M Fachri Ramadhani
Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto menegaskan dalam arahannya di hadapan jajaran Polres Paser untuk menekan potensi konflik di wilayah hukum mereka.

"Potensi konflik jangan dibiarkan meluas. Konflik dipetakan sudah, ya, tinggal tangani sampai tuntas," ujarnya di gedung Awa’ Mangkuruku, Paser.

Sebelumnya, dalam paparan Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra. Di wilayah hukumnya konflik antara masyarakat dengan perusahaan masih kerap terjadi.

Baca: Dermaga Pasar Pagi Dibangun, Akan Ada Tempat Khusus Untuk Kapal Wisata

Baik soal sengketa tanah, maupun penyalahgunaan sarpras umum oleh perusahaan yang dianggap merugikan dan meresahkan masyarakat.

"Dorong pemerintah menyelesaikan juga. Nanti (konflik terjadi) ujung-ujungnya kita, bukan soal pemerintah," serunya.

"Jangan bilang, sudah dimediasi sekian kali, pak. Sampai lelah. Jangan seperti itu. Bagaimana caranya konflik bisa diredam," sambungnya.

Baca: Ketua DPRD Balikpapan Sebut Sekwan Jangan Sekadar Diganti tapi Juga Diberi Sanksi

Priyo menekankan kepada para Kapolsek di wilayah hukumnya untuk memetakan masalah sekecil apapun. Kemudian memperbanyak dialog dan sambang kepada tokoh masyarakat, agama dan adat di wilayah hukumnya.

Terutama situasi saat ini, dimana kurang dari sebulan daerah ini bakal menggelar pemungutan suara Pilgun Kaltim 2018.

"Petakan masalah di Polsek yang menimbulkan konflik. Tidak semua perwira punya kesempatan jadi Kapolsek. Manfaatkan itu dengan baik, komunikasi dengan tokoh," ucap Priyo.

Apalagi saat ini isu dan pergerakan kelompok radikal dan terorisme mulai menghangat. Dalam pemaparan pemegang tongkat komando Polres Paser, mengungkapkan masih ada terdeksi kelompok HTI di wilayah hukumnya. Kendati demikian, mereka masih dalam pengawasan kepolisian.

Sebut Priyo, peran Bhabinkamtibmas diharapkan berjalan baik, sebagai tombak terdepan. Selain itu fungsi intelijen sebagai mata dan kuping pimpinan juga harus selaras baiknya.

Baca: Kabar Gembira, Penajam Segera Miliki Rusunawa, Catat Lokasinya

"Jangan sampai mereka singgah. Melakukan perencanan, apalagi ada latihan di sini. Perhatikan pengawasan pendatang baru di wilayah masing-masing," jelasnya.

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help