Begini Cara Kiper Persiba Jaga Stamina Selama Jalani Puasa

Ada banyak cara menjaga stamina tetap terjaga saat menjalankan puasa. Hal itu juga dilakukan oleh kiper Persiba Balikpapan

Begini Cara Kiper Persiba Jaga Stamina Selama Jalani Puasa
Tribun Kaltim/Imaduddin Abdur Rachim
Fajar Setya 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bagi setiap umat muslim, berpuasa pada bulan Ramadan adalah kewajiban. Menahan lapar dan haus karena tidak makan dan tidak minum selama sehari penuh, dari waktu imsak hingga magrib tiba. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka para atlet olahraga yang aktif bergerak.

Bahkan tidak sedikit yang merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas saat berpuasa. Oleh karena itu, menjaga stamina tetap terjaga saat berpuasa ini sangat penting.

Ada banyak cara menjaga stamina tetap terjaga saat menjalankan puasa. Hal itu juga dilakukan oleh kiper Persiba Balikpapan, Fajar Setya.

Baca: Perayaan Nuzulul Quran Pemkot Balikpapan Sediakan Hadiah 4 Paket Umrah, Catat Tempat dan Tanggalnya

Kepada Tribunkaltim.co, Fajar mengatakan pada awal puasa dirinya harus menyesuaikan. Karena mereka berlatih pada malam hari saat bulan puasa.

"Kalau fisik sih mungkin pas awal latihan di bulan puasa ini saja menyesuaikan, setelah itu sudah kembali seperti biasa mas," katanya.

Menurutnya penyesuaian tersebut tidak terlepas dari kebijakan pelatih Persiba, Wanderley Junior yang mengarahkan pemainnya berlatih dimalam hari.

Baca: 15 Meme Nunggu THR Ini Benar-benar Kocak Sekaligus Ngenes

"Cuma beda suasananya saja mas soalnya ini kan pas bulan Ramadan dan latihan malam karena coach menghargai kita yg berpuasa dan kalau latihan malam itu biar anak-anak maksimal dalam latihan," ucapnya.

Untuk menjaga staminanya selama bulan puasa, Fajar lebih memilih mengurangi makanan yang mengandung minyak berlebih dan perbanyak minum air putih.

Baca: Mahfud MD Bertemu Jokowi, Minta Perpres Aturan Gaji BPIP Dicabut

"Kalo tips untuk jaga stamina selama puasa mungkin lebih ke istirahat yg cukup, dan yang paling utama adalah mengurangi konsumsi makanan berminyak. Kedua perbanyak minum air putih waktu sahur, buka puasa, dan waktu malam hari, agar tidak kekurangan cairan. Biar tidak dehidrasi apalagi malam kita latihan," kata Kiper kelahiran Semarang, 17 November 1995.

Penulis: Imaduddin Abdur Rachim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help