Dinkes Minta Konsultan Revisi Kamar Pasien, Ruang Radiologi Jangan Dekat Rawat Inap

dari hasil paparan konsultan desain rumah sakit sudah, pemprov menganggap ada beberapa teknis gedung yang perlu direvisi

Dinkes Minta Konsultan Revisi Kamar Pasien, Ruang Radiologi Jangan Dekat Rawat Inap
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dan jajaran meninjau lokasi pembangunan rumah sakit tipe B di Km.4 Jalan Poros Bulungan-Berau, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Proyek pembangunan rumah sakit rujukan tipe B oleh Pemprov Kalimantan Utara direncanakan segera tuntas proses pematangan lahannya.

Rumah sakit yang berlokasi di kilometer 4 jalan poros Bulungan-Berau itu sekarang ini juga memasuki tahap penyusunan detail engineering design atau DED.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara, Usman, melalui Sekretaris Andarias Baso mengungkapkan, rumah sakit rujukan itu akan dimulai pembangunan fisiknya pertengahan tahun ini.

Ia mengatakan, dari hasil paparan konsultan desain rumah sakit sudah, pemprov menganggap ada beberapa teknis gedung yang perlu direvisi. Seperti jumlah kamar yang harus sesuai standar berdasarkan undang-undang.

"Ruang-ruang khusus seperti radiologi dan laboratorium harus terjamin keamanannya. Jangan dekat dengan ruang rawat inap atau opname pasien karena berbahaya," sebutnya, Rabu (30/5/2018).

Keberadaan laboratorium juga harus menjadi perhatian. Demikian juga area pembuangan dan pengelolaan limbah. "Mudah-mudahan konsultan bisa segera merevisi itu. Kita akan lihat lagi dalam paparan berikutnya," sebutnya.

Andarias Baso mengatakan, rumah sakit rujukan Kalimantan Utara ini tidak saja menjadi poros layanan kesehatan di Kalimantan Utara. Masyarakat dari provinsi tetangga juga bisa berobat di Kalimantan Utara. "Terutama tetangga kita Berau-Kalimantan Timur," sebutnya.

Rumah sakit yang dibangun ini rencananya akan dilengkapi layanan bedah tulang atau ortopedi selain rumah sakit Solo, Jawa Tengah.

"Kalau pelayanannya bagus, sangat mungkin masyarakat dari negara tetangga datang berobat ke Kaltara," sebutnya. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved