Kapolda Kaltim Beber Survey Citra Lembaga Negara di Polres PPU

Kebanggaan Polri jadi lembaga nomor 3 paling dipercaya publik ditularkan jenderal bintang 2 kepada ratusan anggotanya.

Kapolda Kaltim Beber Survey Citra Lembaga Negara di Polres PPU
Tribun Kaltim/M Fachri Ramadhani
Kapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto 

TRIBUNKALTIM.CO - Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto menunjukkan hasil survey Litbang Kompas 2017 terkait Citra Lembaga Negara kepada personel Polres PPU di aula pertemuan Pemkab Penajam Paser Utara, Kamis (31/5/2018).

Kebanggaan Polri jadi lembaga nomor 3 paling dipercaya publik ditularkan jenderal bintang 2 kepada ratusan anggotanya.

Untuk diketahui Polri menempati urutan ketiga dengan persentasi citra baik 70,2 persen. Di bawah Polri ada Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung. Sementara peringkat di atas mereka diduduki KPK dan TNI.

Baca: Jangan Nyaleg Kalau Pernah Dihukum Korupsi, Narkotika dan Pelecehan Seksual

"Berada di peringkat itu (ketiga) baik. Untuk lembaga yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat," tuturnya.

Dengan tugas kita yang membatasi ruang gerak masyarakat, bersinggungan dengan hak asasi manusia, pelayanan yang kemungkinan ada yang puas atau tidak puas, itu cukup baik, menurut Priyo.

"Setiap hari pelayanan bersentuhan SIM, SKCK, ijin keramaian. Fungsi pelayanan itu bisa membuat citra polisi jadi baik atau buruk," ucapnya.

Baca: Terlilit Rantai Motor, Ibu dan Anaknya Tewas Terlindas Mobil

Catatan Priyo dari evaluasi nilai kepatuhan terhadap standar pelayanan publik Polda Kaltim, Polres PPU dalam pelayanan penerbitan SKCK dan SIM masuk kategori terbaik. "Ini yang harus diperhatikan. Ke depan ada lagi evaluasi pelayanan SPKT," tuturnya. 

Ia menegaskan jangan ada lagi polisi berharap imbalan kepada masyarakat. Pasalnya penilaian lembaga pengawas pelayanan publik dilakukan secara diam-diam.

"Pelayanan polri tak ada biaya, pampang yang besar itu di SPKT. Dari Polda, Polres, Polsek sampai di tingkat bawah," ucapnya.

Baca: Ditakuti Para Koruptor, Artidjo Mengaku Paling Jengkel Melihat Reaksi Mereka Setelah Ditangkap KPK

Sebut Priyo, saat ini tak ada institusi atau lembaga yang seenaknya bisa mengklaim kinerjanya baik. Ada lembaga pengawasan internal maupun eksternal. Untuk Polri ada inspektorat dan Propam, sementara lembaga eksternal ada ombudsman, kompolnas,Komnas HAM dan LSM yang bertugas mengawasi kinerja Polri.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved