Longsor di Klandasan Ilir, 1 Mobil Tertimpa Bebatuan

Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan dini hari tadi membuat banjir disertai tanah longsor

Longsor di Klandasan Ilir, 1 Mobil Tertimpa Bebatuan
Tribun Kaltim/Aditya Rahman Hafidz
Reruntuhan tanah longsor yang terjadi di depan rumah Ketua RT. 12 Jalan Bukit Niaga, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan dini hari tadi membuat banjir disertai tanah longsor di beberapa titik. Salah satunya di jalan Bukit Niaga RT. 12, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, Kamis (31/5/2018).

Ketua RT. 12, Kusnadi menuturkan, kejadian berawal ketika ia hendak berangkat kerja pada pukul 03.30 wita. Saat itu hujan deras. Sembari menuju hujan mereda, ia bersantai di depan teras rumah setelah santap sahur.

Tiba-tiba, terdengar suara keras seperti bunyi petir yang menyambar. Ketika dicek, ternyata siring yang tepat berada di depan rumahnya longsor, menimpa salah satu mobil Honda Genio milik anggota keluarganya, Agus Waluyo.

Baca: Terlilit Rantai Motor, Ibu dan Anaknya Tewas Terlindas Mobil

"Setengah 4 ada suara kayak petir. Duuaaaarrrrrr. Saya pikir nyambar pohon belimbing wuluh di depan ini. Saya langsung loncat aja, ngecek. Ternyata pas saya cek, pagar atas ini yang longsor," ujar Kusnadi.

Reruntuhan siring yang bebahan dasar bebatuan gunung tersebut hampir menyentuh rumah. Beruntung, pondasi yang kokoh dapat menahan reruntuhan tersebut hingga hanya sebatas halaman rumah Kusnadi saja.

Longsor yang menimpa pada dini hari tersebut, tidak ada yang menyadari selain Kusnadi. Reruntuhan tersebut baru dikerjakan secara gotong royong oleh warga RT. 12 sekitar pukul 07.00 wita.

Baca: Terlilit Rantai Motor, Ibu dan Anaknya Tewas Terlindas Mobil

Kondisi pasca longsor, permukaan dasar tanah berlapis semen masih utuh, namun tanah di bawahnya sudah dalam kondisi kosong, kopong, tak ada tanahnya, sehingga rawan terjadi longsor susulan.

Kusnadi menuturkan, bagian rumah yang longsong kediaman Agus Biantoro, yang berada tepat diatasnya akan segera diperbaiki dibantu oleh warga setempat.

Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved