Gunung Merapi Erupsi

Pasca Letusan Jumat Lalu, Obyek Wisata di Sekitar Gunung Merapi Ditutup

Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menutup obyek wisata alam di kawasan Gunung Merapi.

Pasca Letusan Jumat Lalu, Obyek Wisata di Sekitar Gunung Merapi Ditutup
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Puncak Gunung Merapi terlihat dari Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (22/5/2018). Pasca letutsan freatik Gunung Merapi yang telah terjadi empat kali sejak Senin (21/5) hingga Selasa (22/5) dini hari, status Gunung Merapi naik dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menutup obyek wisata alam di kawasan Gunung Merapi.

Tindakan ini menyusul dari letusan Gunung Merapi yang terjadi Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB.

Pasca letusan diinformasikan terdapat dua titik api di Dusun Stabelan Desa Tlogolele Kecamatan Selo, dan tiga titik api di di Kecamatan Cangkringan.

"Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan koordinasi dengan relawan, titik api ini mengindikasikan adanya vegetasi yang terbakar akibat material jatuhan (balistik)," kata Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (2/6/2018).

Baca: Siapakah Putri Tercantik di Kerajaan Inggris? Ternyata Bukan Lady Diana atau Kate Middleton!

Sampai dengan Jumat (1/6/2018) pukul 13.00 WIB, Ammy memastikan lokasi titik api tersebut sudah padam karena tidak lagi terlihat mengeluarkan asap.

Namun demikian lokasi titik api yang berada di radius kurang dari tiga kilometer, direkomendasikan bebas dari aktivitas manusia.

Ia mengatakan jalur pendakian Gunung Merapi meliputi Jurang Jero, Tlogo Muncar, Tlogo Nirmolo, Kalikuning Park, Pluyon, Deles, dan Jalur Pendakian Selo dan Sapuangin ditutup.

"Terkait pergerakan satwa, sampai saat ini tidak ada pantauan yang mengindikasikan satwa turun, sehingga dapat dinyatakan masih normal", ujar Ammy.

Baca: Bercerai dari Tata Cahyani 12 Tahun Lalu, Begini Kehidupan 2 Anak Tommy Soeharto

Balai TNGM tetap melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan kondisi pasca letusan, dan mengimbau semua pihak untuk tetap waspada.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut, dapat menghubungi call center Balai TNGM di nomor 081327691368. (Kompas.com/Silvita Agmasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Obyek Wisata di Sekitar Gunung Merapi Kembali Ditutup"

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help