Taiwan Kebingungan Mencari Sebuah Pesawat Tempur F-16 Hilang dalam Latihan Rutin

Militer Taiwan mengumumkan sedang mencari keberadaab sebuah pesawat F-16 yang hilang dalam latihan tempur rutin.

Taiwan Kebingungan Mencari Sebuah Pesawat Tempur F-16 Hilang dalam Latihan Rutin
teh strait times
Pihak Taiwan mengumumkan secara resmi sedang mencari keberadaan sebuah pesawat tempur F-16 yang hilang saat mengikuti latihan perang rutin, Senin (4/6). 

TAIPEI - Angkatan Udara Taiwan mengatakan pada hari Senin (4/5) bahwa mereka mencari jet tempur F-16 yang hilang pada awal latihan penembakan tahunan.

Pesawat jet bermesin tunggal itu menghilang dari radar di atas daerah pegunungan di daerah timur laut Keelung, pukul 13:43 (0543 GMT), 34 menit setelah lepas landas, kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa itu membuat "semua upaya" untuk mencari pilot yang hilang, Mayor Wu Yen-ting.

Sebuah pesawat jet tempur F-16 milik AU Taiwan dimumkan hilang, ketika mengikuti latihan penembakan rutin.
Sebuah pesawat jet tempur F-16 milik AU Taiwan dimumkan hilang, ketika mengikuti latihan penembakan rutin. (the strait times)

Wu juga terlibat dalam kecelakaan F-16 terakhir di Taiwan, pada tahun 2013, ketika dia diterjunkan ke keselamatan setelah mengalami kegagalan mekanis.

Latihan lima hari dimulai Senin dengan pasukan yang mempraktekkan menggagalkan "invasi" China dengan mensimulasikan serangan pantai yang mengejutkan untuk mencerminkan peningkatan ancaman militer dari Beijing.

Satuan tugas udara F-16 milik Taiwan.
Satuan tugas udara F-16 milik Taiwan. (rt.com)

Meskipun Taiwan adalah negara demokrasi yang berkuasa, negara itu tidak pernah secara resmi menyatakan kemerdekaan dari Cina daratan dan Beijing masih melihatnya sebagai sebuah provinsi pemberontak untuk dibawa kembali ke dalam keruntuhan, dengan kekuatan jika perlu.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan tujuan utama dari latihan ini adalah untuk melawan misi militer Cina di masa mendatang ke pulau itu.

Ketika hubungan memburuk antara Beijing dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Cina semakin melenturkan otot-otot militernya.

Pesawat tempur Taiwan terus melakukan latihan perang untuk menghadapi segala ancaman yang datang dari China.
Pesawat tempur Taiwan terus melakukan latihan perang untuk menghadapi segala ancaman yang datang dari China. (armytimes.com)

Mereka mengadakan latihan pemadam kebakaran pada April di Selat Taiwan - perairan sempit yang memisahkan daratan China dari Taiwan - setelah beberapa minggu melakukan manuver angkatan laut di daerah itu.

Pada bulan November, angkatan udara Taiwan untuk sementara mendarat semua jet Mirage karena mencari seorang pilot yang hilang saat melakukan misi pelatihan di salah satu pejuang buatan Prancis. Pilot dan pesawat keduanya belum ditemukan.(abs-cbn.com/ps)

Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved