Tiga Maskapai Ajukan Ekstra Flight dari Bandara SAMS, Ini Maskapai dan Rutenya

Memasuki minggu kedua menjelang Hari Raya Idul Fitri, arus mudik melalui Bandara Internasional SAMS Sepinggan mulai terasa

Tiga Maskapai Ajukan Ekstra Flight dari Bandara SAMS, Ini Maskapai dan Rutenya
Pesawat Sriwijaya Air 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Memasuki minggu kedua menjelang Hari Raya Idul Fitri, arus mudik melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan mulai terasa. Meski puncak arus mudik diperkirakan baru terjadi pada 8 sampai 10 Juni mendatang, namun banyak calon penumpang yang sudah mem-booking tiket.

Sejumlah maskapai mulai menyiapkan penerbangan tambahan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang melalui Bandara SAMS Sepinggan. Tercatat tiga maskapai penerbangan sudah mengajukan izin ekstra flight di Bandara Internasional SAMS Sepinggan, Balikpapan.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Handy Heryudhitiawan, kepada Tribun, Selasa (5/6) menjelaskan, musim Lebaran tahun ini, maskapai penerbangan yang sudah mengajukan izin ekstra flight (penerbangan tambahan), yakni Sriwijaya Air, Lion Air dan Wings Air.

Baca: H-7 Dermaga Tengkayu dan Bandara Juwata Mulai Padat

"Baru tiga maskapai, yang lain mungkin masih melihat kondisi, melihat peluang permintaan pasarnya," ujarnya.

Pihak Bandara SAMS Balikpapan selalu siap bersedia jika ada maskapai yang secara spontan meminta permohonan ada ekstra flight. Mengingat secara infrastruktur, Bandara SAMS Balikpapan sangat memadai, dan bisa menampung ekstra flight secara besar.

"Landasan pacu kami sangat memadai untuk ekstra flight, bisa selalu siap dipakai. Sejam maksimal bandara kami bisa layani sampai 26 pesawat," tuturnya.

Rencana ekstra flight meliputi Sriwijaya Air sebanyak 6 penerbangan meliputi, Balikpapan-Jakarta 3 penerbangan, Balikpapan-Makassar 1 penerbangan, Balikpapan-Banjarmasin 1 penerbangan, dan Balikpapan-Surabaya 1 penerbangan

Sementara Maskapai Lion Air lima penerbangan, yakni Balikpapan-Surabaya 3 penerbangan, Balikpapan-Semarang 1 penerbangan, dan Balikpapan-Yogyakarta 1 penerbangan. Sedangkan Wing Air dua penerbangan rute Balikpapan-Berau.

Baca: Layani Pemudik, PMI Samarinda Bangun Tiga Pos Pertolongan Pertama

Dikemukakan, arus mudik tahun ini kemungkinan besar akan meningkat dibanding tahun sebelumnya mengingat kondisi ekonomi di Kaltim sudah cukup membaik, ada gairah kebangkitan.

Selain itu, liburan Lebaran tahun ini dibilang cukup panjang yang membuat banyak orang akan meluangkan waktu banyak pergi ke luar daerah jauh menggunakan pesawat terbang. "Prediksi yang kami analisis, akan ada pertumbuhan arus mudik sekitar 4 persen," ungkap Handy.

Di tempat terpisah, Irwan Darmawan, Sales and Services Manager Garuda Indonesia kantor cabang Balikpapan, menyatakan untuk sementara mudik lebaran tahun ini, Garuda Indonesia belum mengajukan ekstra flight, mengingat pasar yang akan digarap masih bisa memungkinkan membuka penerbangan reguler.

Baca: Jelang Mudik Lebaran, Harga Tiket Pesawat 2 Kali Lipat

"Kita menyesuaikan permintaan. Sehari kami masih layani 8 rute saja dari Balikpapan," ujarnya.

Kemungkinan seperti di Jawa, banyak Garuda yang melakukan ekstra flight mengingat jumlah penumpang di Jawa jauh lebih besar ketimbang dari daerah Kaltim. "Kalau dari Balikpapan ke luar daerah yang paling banyak permintaan ke daerah Makassar," tuturnya. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved