Operasi Ketupat Kayan 2018, Jalur Mudik Tawau-Nunukan Paling Diantisipasi

Jalur sungai/laut diperkirakan jadi jalut transportasi yang paling ramai digunakan pemudik.

Operasi Ketupat Kayan 2018, Jalur Mudik Tawau-Nunukan Paling Diantisipasi
Tribun Kaltim/M Arfan
Personel Sabhara Polres Bulungan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kayan 2018 dj halaman Mapolda Kalimantan Utara, Rabu (6/6/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kayan 2018, di halaman Mapolda Kalimantan Utara/Mapolres Bulungan, Rabu (6/6/2018).

Apel dihadiri Kapolda Kalimantan Utara Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Indrajit, Wakapolda Komisaris Besar Polisi (Kombes) Pol Zainal Arifin Paliwang, Bupati Bulungan Sudjati, dan sejumlah pejabat dari Dinas Perhubungan, Kejaksaan, Jasa Raharja dan lainnya.

Hal-hal yang menjadi perhatian Operasi Ketupat, adalah keselamatan dan kenyamanan selama mudik dan arus balik baik di jalur darat, laut/sungai, dan udara.

Baca: Goda Istri Tetangga, Pria Ini Hampir Tewas di Tangan Kuli Bangunan

Jalur sungai/laut diperkirakan jadi jalut transportasi yang paling ramai digunakan pemudik. Ia meminta anggotanya beserta tim yang terlibat dalam operasi Ketupat Kayan 2018 selalu bersiaga mengawasi pergerakan penumpang.

"Jangan lengah. Perhatikan juga potensi beredarnya narkoba dan munculnya terorisme," kata Kapolda.

Jalur Nunukan-Tarakan bakalan menjadi jalur paling ramai. Itu disebabkan kemungkinan banyaknya tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Tawau (Malaysia) yang mudik melalui Nunukan.

Baca: 7 Pemain Muda Berbakat yang Aksinya Dinantikan di Piala Dunia 2018

"Dari Tawau ke Nunukan. Selanjutnya mereka ada juga yang naik speedboat ke Tarakan untuk menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal misalnya ke Jawa atau Sulawesi," sebutnya.

Kapolda meminta pemudik menghindari kerawanan jadi korban tindak kejahatan. Jika merasa lelah dalam perjakanan kata Kapolda, sebaiknya beristirahat di Polsek atau Koramil terdekat.

"Dari pada tidur atau bermalam di pelabuhan, itu sangat rawan jadi korban kejahatan," sebutnya.

Kapolda juga memastikan jalur darat dan udara akan lancar selama musim mudik dan arus balik nanti.

Baca: Tak Hanya Pacaran, Baby Margaretha Pernah Dinikahi Chand Kelvin? Ini Penjelasan Adik Perempuannya

Dalam Operasi Ketupat Kayan 2018 ini, sedikitnya 421 personel polisi diterjunkan, 64 TNI, 55 personel Dinas Perhubungan, 79 personel Satpol PP, 46 tenaga kesehatan, dilengkapi 15 pos pelayanan, dan 10 pos pengamanan.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved