Mudik Lebaran

Posko Terpadu di Bandara Internasional Balikpapan Resmi Dibuka, Ini Fungsinya. . .

Rabu (6/6/2018) Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2018 di Bandara SAMS Sepinghan resmi dibuka.

Posko Terpadu di Bandara Internasional Balikpapan Resmi Dibuka, Ini Fungsinya. . .
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
General Manager Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan Handy Heryudhitiawan secara simbolik mengenakan seragam kepada petugas posko terpadu pada saat apel kesiapan, Rabu (6/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Rabu (6/6/2018) Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2018 di Bandara SAMS Sepinghan resmi dibuka.

Hal tersebut ditandai dengan apel kesiapan yang digelar PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan di areal kedatangan lantai 3 bandara.

General Manager Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan Handy Heryudhitiawan mengatakan tujuan dibangunnya posko tersebut untuk meningkatkan pelayanan angkutan udara dan keselamatan penerbangan.

Posko Terpadu Lebaran beroperasi selama 24 jam setiap harinya selama 18 hari.

Baca: Berbagi Kebahagian, PMI Samarinda Ajak Puluhan Anak Yatim Piatu Belanja Baju Lebaran

Tehitung sejak 7 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018 yang bertempat di Lantai 3 Terminal Keberangkatan Bandara SAMS Sepinggan.

Adapun petugas yang tergabung terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), TNI, Polri, KKP, Otoritas Bandara, Basarnas, BMKG, dan Orari.

Lanjut Handy, penyelenggaraan Posko Angkutan Udara Tahun 2018 dilakukan berdasarkan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor INST. 04 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2018 (1439 H).

Dimana Bandar Udara diinstruksikan untuk mengoptimalkan sistem keamanan Bandar Udara dan keamanan penerbangan, mengoptimalkan fasilitas dan personel, serta memastikan kelancaran pelayanan kepada penumpang sesuai standar layanan bandar udara.

Baca: Bek Mitra Kukar Ini Waspadai Kebangkitan Tuan Rumah Persela

"Tujuannya tak lain untuk memastikan keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan," tuturnya.

Untuk diketahui, pada arus mudik Lebaran pada tahun 2017 lalu tercatat sebanyak 3.434 pesawat dan 421.207 penumpang yang datang berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan.

Diprediksi lebaran tahun ini jumlah pesawat dan penumpang akan naik sekitar 4 % dari tahun sebelumnya sekitar 3.571 pesawat dan 438.053 penumpang.

“Ada 3 Airlines yang sudah mengajukan Extra Flight yaitu Sriwijaya Air 6 flight, Lion Air 5 flight dan Wings Air 2 flight”, tambah Handy.

Puncak arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada hari Sabtu 9 Juni dan puncak arus balik diperkirakan Rabu 20 Juni. Libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga arus mudik dan balik relatif menyebar. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved