Hari Pertama Lebaran di Tenggarong, Objek Wisata Libur

Objek wisata di Kukar libur pada hari pertama lebaran untuk memberi kesempatan bagi masyarakat bersilaturahmi.

Hari Pertama Lebaran di Tenggarong, Objek Wisata Libur
tribunkaltim.co/rahmat taufik
Jembatan pedestrian menuju Pulau Kumala. 

TENGGARONG, TRIBUN - Kepala Dinas Pariwisata (libur) Kukar Sri Wahyuni mengatakan, pada hari pertama lebaran obyek wisata di Kukar libur. Ini memberi kesempatan bagi masyarakat Kukar yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga di hari pertama lebaran.

"Objek wisata di Kukar baru buka untuk umum pada hari kedua lebaran, termasuk Pulau Kumala," kata Sri, Kamis (7/6).

Untuk Pulau Kumala, Dispar akan memasang pembatas untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak. Jembatan Repo-Repo yang menjadi akses menuju Pulau Kumala akan dibikin 2 jalur dengan pembatas untuk memisahkan jalur masuk dan keluar sehingga tidak ada penumpukan dipintu masuk Jembatan Repo-Repo.

Baca: Kapolres Kukar Ingatkan Pengendara Hati-hati di KM 54, Ada Apa?

Dispar juga berkoordinasi dengan beberapa petugas keamanan dari Polres Kukar, Kodim Tenggarong, Dishub dan Satpol PP.

Untuk mengurai kemacetan, bus hanya diperbolehkan antar dan jemput penumpang di lokasi parkir Pulau Kumala. Sedangkan parkir bus disiapkan di halaman parkir Kantor Bupati.

Selain Pulau Kumala, Dispar juga mempersiapkan objek wisata lainnya, seperti Planetarium, Waduk Panji Sukarame dan Pantai Tanah Merah Samboja. "Planetarium juga buka selama libur lebaran," tuturnya.

Sri optimistis penerimaan retribusi masuk dari 4 obyek wisata yang dikelola Dispar bakal meningkat pada libur lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, libur lebaran tahun ini jauh lebih panjang hingga 12 hari.

"Cuti bersama lebaran sampai 12 hari, ini belum termasuk libur anak sekolah yang panjang," kata Sri.

Meskipun tidak ada target khusus, ia optimistis jumlah pengunjung dan penerimaan retribusi masuk dari objek wisata di Kukar selama libur lebaran bakal meningkat. Tahun lalu, total penerimaan retribusi masuk selama libur lebaran mencapai Rp 537 juta dengan jumlah pengunjung 83.307 orang.

Artinya, target penerimaan tahun ini bisa mencapai lebih dari setengah miliar rupiah. Pulau Kumala sendiri menyumbang Rp 447 juta dari penerimaan retribusi masuk. Saat ini tarif masuk ke objek wisata dibandrol Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa. Ia mengimbau kepada pengunjung agar turut menjaga keberasihan lingkungan di sekitar obyek wisata.

"Kami sudah menyiapkan beberapa tempat sampah di titik-titik keramaian pengunjung," ucapnya. (top)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help