Idul Fitri Tahun Ini tak Ada Remisi Bebas di Rutan Tanjung Redeb

Sedihnya lagi, tahun ini belum ada narapidana yang bisa berkumpul bersama keluarga di rumah.

Idul Fitri Tahun Ini tak Ada Remisi Bebas di Rutan Tanjung Redeb
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Kepala Rutan Tanjung Redeb, Agus Dwirijanto memastikan, tahun ini tidak ada narapidana yang mendapat remisi bebas, untuk hari raya Idul Fitri. 

TRIBUNKALTIM.CO - Rutan Klas IIB Tanjung Redeb saat menampung lebih dari 700 narapidana. Namun tahun ini, pihak rutan hanya mengajukan 369 narapidana untuk mendapat remisi khusus hari raya Idul Fitri.

Sedihnya lagi, tahun ini belum ada narapidana yang bisa berkumpul bersama keluarga di rumah. Pasalnya, Kepala Rutan Tanjung Redeb, Agus Dwirijanto memastikan, tahun ini tidak ada narapidana yang mendapat remisi bebas, untuk hari raya Idul Fitri.

Baca: Sampai di Mapolda Kaltim, Kapolri Tito Karnavian Langsung Laksanakan Shalat Jumat

Pasalnya, beberapa narapidana ada yang baru menjalani hukuman, sisanya ada yang masih harus menjalani masa hukuman selama bertahun-tahun. Pemberian remisi, kata Agus jumlahnya berbeda untuk setiap narapidana.

“Ada yang mendapatkan 15 hari hingga 30 hari atau tergantung berapa lama mereka menjalani masa tahanan di Rutan. Jika narapidana sudah menjalani enam tahun dari pidana yang dia terimanya maka bisa mendapat remisi selama dua bulan," jelasnya, Jumat (8/6/2018). Namun sejauh ini, belum ada yang memenuhi kriteria remisi bebas.

Baca: Bukannya Jual Mahal, Tapi. . . Luna Maya Ogah Beradegan Ini Meski Dibayar Rp 1 Triliun!

Pihaknya juga telah mengajukan remisi tersebut ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM), namun belum ada jawaban.

“Kita belum tahu berapa yang disetujui, karena nantinya hanya napi yang memenuhinya syarat untuk pengajuan," jelasnya. 

Baca: Naik Apa Mudik Nanti? Simak Tipsnya Yuk Biar Perjalanan Kamu Nyaman

Untuk mendapatkan remisi,  ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh narapidana, seperti berkelakuan baik selama menjadi warga binaan, tidak berulang kali keluar-masuk penjara atau residivis dan sudah menjalani masa hukuman minimal enam bulan.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help